Samsung Akan Hentikan Dukungan Bixby untuk Galaxy Android 7 dan 8

Jum'at, 29 November 2019 - 12:02 WIB
Samsung Akan Hentikan Dukungan Bixby untuk Galaxy Android 7 dan 8
Samsung Akan Hentikan Dukungan Bixby untuk Galaxy Android 7 dan 8
A A A
SEOUL - Menurut SamMobile, bagi yang memiliki ponsel Samsung tertentu dan masih menjalankan Android 7 (Nougat) serta Android 8 (Oreo) akan kehilangan dukungan Bixby Voice per 1 Januari 2020.

Asisten virtual yang dikembangkan oleh Samsung Electronics ini pertama kali memulai debutnya pada tahun 2017 di ponsel Samsung Galaxy S8. Fitur suara ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan kepada Bixby atau memberikannya tugas dengan mengucapkan kata kunci guna mengaktifkannya.

Pengguna juga dapat menekan tombol Bixby pada perangkat yang kompatibel untuk mengaktifkan asisten virtual ini.

Selain Bixby Voice, ada juga Bixby Home, yaitu daftar informasi yang berkaitan dengan topik seperti cuaca, kontrol untuk peralatan pintar, dan aktivitas kebugaran fisik yang dapat dihubungkan oleh pengguna dengan mengetuk tombol yang sesuai.

Selanjutnya ialah Bixby Vision. Bixby Vision menggunakan kamera pada ponsel Samsung yang kompatibel untuk menerjemahkan tanda dalam bahasa asing, mengembalikan informasi lebih lanjut tentang subjek gambar, menemukan gambar serupa, dan membantu pengguna membeli barang secara online.

Namun, beberapa ponsel kelas menengah Samsung hanya mendukung Bixby Home.

Selain kehilangan dukungan untuk Bixby Voice, ponsel yang sama ini juga akan kehilangan dukungan untuk Bixby Briefing yang menunjukkan informasi terkait seperti berita dan cuaca terbaru begitu alarm pengguna berbunyi di pagi hari. Fitur ini diaktifkan melalui aplikasi jam ketika alarm diatur.

Mengutip dari laman phonearena, Kamis (28/11/2019) ponsel yang akan kehilangan dukungan untuk kedua fitur Bixby pada Android 7 dan Android 8 termasuk Samsung Galaxy S9, Galaxy S9+, Galaxy S8, Galaxy S8+, Galaxy S8 Active, Galaxy Note 8, dan Galaxy A9 2018.

Karena semua model di atas telah diperbarui ke Android 9, mereka yang menggunakan salah satu dari perangkat ini dapat menyimpan Bixby Voice dan Briefings dengan memperbarui telepon mereka ke Android 9. Untuk melakukannya, cukup buka menu Pengaturan lalu pilih Pembaruan perangkat lunak.

Samsung sendiri belum secara resmi mengumumkan rencananya untuk menghentikan dukungan Bixby Voice dan Briefing pada model-model ponsel yang disebutkan sebelumnya yang menjalankan Android 7 dan Android 8, tetapi diperkirakan akan melakukannya dalam beberapa minggu ke depan.

Samsung dilaporkan melakukan ini dalam upaya mendapatkan pemilik ponsel Galaxy yang lebih lama untuk memperbarui ke Bixby 2.0. Versi terbaru dari Bixby menghadirkan UI (User Interface) baru, pemrosesan bahasa alami yang lebih baik, dan peningkatan lainnya.

Memindahkan pengguna ke Bixby 2.0 akan memungkinkan pengembang untuk berhenti menghabiskan waktu dan uang untuk mendukung versi lama dari asisten virtual. (AUZA ASYANI)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5662 seconds (0.1#10.140)