Serba-Cepat dan Gratis, MISUMI Indonesia Akomodir Kebutuhan Industri

Selasa, 03 Desember 2019 - 13:55 WIB
Serba-Cepat dan Gratis, MISUMI Indonesia Akomodir Kebutuhan Industri
Serba-Cepat dan Gratis, MISUMI Indonesia Akomodir Kebutuhan Industri
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus membesar, bahkan diproyeksikan pada 2022 mencapai Rp955 triliun. E-commerce yang banyak dikenal dan diterapkan pebisnis adalah model B2C (business-to-consumer) ataupun C2C (consumer-to-consumer). Selain B2C dan C2C, sebenarnya ada juga sektor B2B (business-to-business) yang juga memiliki potensi besar.

Di Amerika Serikat (AS), misalnya, perkembangan pasar e-commerce B2B 2,4 kali lebih besar dibandingkan B2C pada 2017. Pasar B2C di sana mencapai USD369 miliar, sedangkan B2B senilai USD889 miliar. Begitu pun di China, pasar e-commerce B2B 5,3 kali lebih besar dibanding B2C.

Potensi pasar B2C di sana senilai USD499 miliar, sedangkan B2B-nya USD2,65 triliun. Sementara di Korea Selatan, potensi pasar B2C hanya USD22 miliar pada 2013. Sedangkan potensi pasar B2B-nya 45 kali lebih besar, yakni USD997 miliar.

Celah potensi besar tersebut ditangkap oleh PT MISUMI yang didirikan pada Juni 2013 dan mulai beroperasi pada September 2013. Seperti yang disampaikan oleh Koji Yamada, Presiden Direktur MISUMI, bahwa Dengan pertumbuhan bisnis manufaktur di Indonesia, perusahaan percaya bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat potensial di masa depan.

"Setelah 4 tahun beroperasi, pada April 2017, MISUMI meluncurkan VONA (Variation & One-stop by New Alliance) dan memperbarui e-katalog kami untuk menawarkan lebih banyak merek dan produk kepada pelanggan kami. Pilihan produk juga bertambah dari waktu ke waktu sehingga memberikan lebih banyak kebebasan kepada pelanggan dalam memilih MISUMI sebagai 'One Stop Solution'," kata Koji Yamada.

MISUMI adalah produsen, sekaligus distributor komponen standar untuk engineering terdepan dan terkemuka. Antara lain, komponen otomasi pabrik, komponen fastener dan material, produk press die dan plastic mold, produk wiring, elektrikal & kontrol, peralatan cutting & processing, perlengkapan keselamatan & umum, penanganan material & penyimpanan, serta perlengkapan sanitasi & lab.

Koji Yamada mengatakan, pihaknya ingin menjangkau lebih banyak pelanggan e-commerce. “Dibandingkan cara tradisional di mana MISUMI harus memproses pembelian melalui e-mail atau faks, penggunaan e-commerce dapat memberi kebebasan kepada pelanggan untuk memilih item dan memproses pesanan dalam waktu mereka sendiri selama 24/7. Pelanggan dapat mengakses berbagai produk kami di mana saja dan tanpa harus menghubungi staf kami. Juga, seiring tumbuhnya bisnis e-commerce di Indonesia, MISUMI percaya e-commerce adalah satu-satunya cara untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu PT. MISUMI Indonesia terus berinovasi mengembangkan layanannya. Salah satunya dengan unit bisnis ‘VONA’ (Variation & One-stop by New Alliance), yang mendukung layanan B2B e-commerce. MISUMI-VONA merupakan sebuah platform yang menciptakan hubungan global antara kebutuhan pelanggan akan layanan pengadaan yang efisien dan terpadu untuk berbagai produk dan merek serta menawarkan produk-produk di luar brand MISUMI.

Suplai standar komponen industrial MISUMI-VONA tak hanya menghadirkan berbagai produk dan merek komponen industri dan engineering lengkap. Tetapi juga menawarkan harga yang sangat kompetitif.

Selain itu, sambung dia, demi mengutamakan kepuasan para pelanggan, MISUMI juga memberikan layanan jasa pengiriman tepat waktu secara gratis biaya pengiriman, tanpa pemesanan minimum, dan melayani pengiriman di hari yang sama dalam waktu singkat untuk item stok. Hal itu bertujuan memperkuat pengiriman yang andal dan cepat.

Koji Yamada mengutarakan, keunggulan lain yang ditawarkan MISUMI adalah menyediakan layanan Customer Service & Technical Support Availability untuk kepuasan pelanggan dan membantu dalam menyelesaikan permasalahan produk. MISUMI membuat sistem bantuan untuk pelanggan yang disebut Sistem MISUMI 3D CAD, sebuah inovasi dalam proses desain dan interface unik dengan pelanggan.

“Itulah yang membuat MISUMI berbeda dari platform e-commerce lainnya di Indonesia. Ketersediaan stok dan layanan pengiriman tepat waktu membuat kami unggul. Dengan rangkaian produk dan merek yang tersedia di MISUMI Indonesia, kami percaya MISUMI adalah satu-satunya platform e-commerce yang menawarkan lebih dari 1.700 merek dengan lebih dari 5 juta produk," klaimnya seraya mengatakan, dengan layanan pengiriman terpendek hanya 1/2 hari untuk produk stok (untuk area tertentu), maka MISUMI unggul dari pesaing lainnya di Indonesia.

Perusahaan baru saja mendirikan gudang baru pada bulan April lalu dan mulai beroperasi di sana. Ini memungkinkan kami untuk menyimpan 100.000 SKU stok dan mengirimkan produk kami kepada pelanggan lebih cepat dari sebelumnya.

"Dengan memanfaatkan gudang baru ini, kami meningkatkan jajaran produk VONA dan stok barang mereka secara drastis. Secara pribadi, saya pikir potensi pasar Indonesia sangat besar dan pengenalan unit bisnis VONA baru ini dapat mencakup lebih banyak pasar di Industri Manufaktur,” pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9210 seconds (0.1#10.140)