alexametrics

Pengeras Suara Dapat Bantu Proses Pemulihan Terumbu Karang

loading...
Pengeras Suara Dapat Bantu Proses Pemulihan Terumbu Karang
Ilustrasi Terumbu Karang. FOTO/ Ist
A+ A-
BERLIN - Terumbu karang merupakan tempat hidup bagi ikan-ikan di laut, selain itu terumbu karang juga memiliki peran penting dalam ekosistem lautan. Namun, karena pencemaran dan perubahan konstan yang terjadi di lingkungan kita, banyak terumbu karang di seluruh dunia menjadi rusak dan sekarat.

Menurut makalah baru-baru ini yang diterbitkan di Nature Communications, pengeras suara bawah air dapat memperlambat proses matinya terumbu karang.

Pada dasarnya, dengan menggunakan suara-suara ini para peneliti berteori bahwa itu dapat menarik ikan ke karang yang sekarat. Ikan-ikan ini nantinya yang akan membantu membersihkan karang dan menciptakan ruang bagi karang baru untuk tumbuh. Dikutip dari laman ubergizmo, Rabu (04/12/2019).



Ini mungkin tidak akan membalikkan terumbu karang yang sudah mati, tapi ini diyakini dapat membantu terumbu yang sekarat untuk memulai proses pemulihan.

"Jika dikombinasikan dengan restorasi habitat dan tindakan konservasi lainnya, membangun kembali komunitas ikan dengan cara ini dapat mempercepat pemulihan ekosistem." ujar Profesor Andy Radford, salah satu penulis makalah dari Universitas Bristol. (AUZA ASYANI)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak