Pengeras Suara Dapat Bantu Proses Pemulihan Terumbu Karang

Kamis, 05 Desember 2019 - 00:01 WIB
Pengeras Suara Dapat Bantu Proses Pemulihan Terumbu Karang
Pengeras Suara Dapat Bantu Proses Pemulihan Terumbu Karang
A A A
BERLIN - Terumbu karang merupakan tempat hidup bagi ikan-ikan di laut, selain itu terumbu karang juga memiliki peran penting dalam ekosistem lautan. Namun, karena pencemaran dan perubahan konstan yang terjadi di lingkungan kita, banyak terumbu karang di seluruh dunia menjadi rusak dan sekarat.

Menurut makalah baru-baru ini yang diterbitkan di Nature Communications, pengeras suara bawah air dapat memperlambat proses matinya terumbu karang.

Pada dasarnya, dengan menggunakan suara-suara ini para peneliti berteori bahwa itu dapat menarik ikan ke karang yang sekarat. Ikan-ikan ini nantinya yang akan membantu membersihkan karang dan menciptakan ruang bagi karang baru untuk tumbuh. Dikutip dari laman ubergizmo, Rabu (04/12/2019).

Ini mungkin tidak akan membalikkan terumbu karang yang sudah mati, tapi ini diyakini dapat membantu terumbu yang sekarat untuk memulai proses pemulihan.

"Jika dikombinasikan dengan restorasi habitat dan tindakan konservasi lainnya, membangun kembali komunitas ikan dengan cara ini dapat mempercepat pemulihan ekosistem." ujar Profesor Andy Radford, salah satu penulis makalah dari Universitas Bristol. (AUZA ASYANI)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9090 seconds (0.1#10.140)