alexametrics

Temuan 19 Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap Bikin Bingung Ilmuan

loading...
Temuan 19 Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap Bikin Bingung Ilmuan
Onjek misterius di luar angkasa. FOTO/ Daily
A+ A-
LONDON - Ahli astronom temukan 19 galaksi kerdil yang tampak sepenuhnya kehilangan materi gelap. Materi gelap sendiri merupakan materi aneh dan membingungkan yang dapat membentuk hampir sepertiga dari alam semesta yang diketahui dan berpotensi hingga 85% dari semua materi.Materi gelap tidak pernah diamati secara langsung dan tidak memantulkan cahaya. Dikutip dari laman The Sun, Jumat (06/12/2019).
Para astronom berpikir itu ada karena efeknya pada benda lain, seperti tarikan gravitasi. Materi gelap juga dianggap penting untuk pembentukan galaksi. Tetapi para ilmuwan sekarang telah menemukan 19 galaksi kerdil yang kehilangan materi gelap mereka.

Ketika kita melihat semua massa galaksi yang terlihat, kita dapat menghitung seberapa cepat ia berputar. Kehadiran materi gelap juga akan membuat galaksi berputar lebih cepat, memberikan indikasi jumlahnya. Ini adalah kejadian umum, dan merupakan salah satu bukti terbaik untuk materi gelap.

Namun, 19 galaksi yang baru terungkap ini tampaknya didominasi oleh materi biasa tanpa kehadiran materi gelap dan hal ini membuat para ahli astronom kebingungan oleh temuan aneh ini.



Salah satu jawaban yang paling mungkin adalah bahwa fisikawan ini telah melakukan kesalahan. Mungkin sudut galaksi dari Bumi dihitung secara tidak benar dan ini dapat menyebabkan kesalahan lebih lanjut dalam menentukan keberadaan materi gelap, serta peristiwa lain seperti Supernova juga dapat memiliki efek pada rotasi galaksi.

Jika para ilmuwan menemukan bahwa materi gelap hilang dari galaksi-galaksi ini, itu berarti kembali ke papan gambar yang menjelaskan mengenai pembentukan galaksi. Materi gelap adalah kunci bagaimana para ilmuwan berpikir alam semesta dan galaksi berkembang, sehingga galaksi kerdil ini berpotensi melemparkan kunci pas dalam karya. (AUZA ASYANI)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak