Gara-gara AS, Huawei Juga Akan Tinggalkan Komponen Samsung

Senin, 09 Desember 2019 - 11:00 WIB
Gara-gara AS, Huawei Juga Akan Tinggalkan Komponen Samsung
Gara-gara AS, Huawei Juga Akan Tinggalkan Komponen Samsung
A A A
Situasi hubungan dagang Huawei-AS telah mengubah cara berpikir pembuat handphone tentang masa depannya. Perusahaan memang harus berurusan dengan banyak batasan karena larangan dari AS, yang berarti mereka tidak dapat bekerja sama dengan sejumlah pemasok dan mitra di seluruh dunia.

Sekarang, sementara Samsung bukan perusahaan AS, cukup jelas bahwa raksasa teknologi Korea Selatan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan negara Amerika Utara. Ini berarti ancaman larangan AS terhadap Samsung, bisa mendorong perusahaan Asia untuk berhenti bekerja sama dengan Huawei.

Entah karena itu atau hanya karena Huawei ingin menggunakan 100% komponen China pada perangkatnya, laporan terbaru dari media Korea Selatan menunjukkan Huawei secara bertahap akan mengurangi ketergantungannya pada Samsung. Lalu mereka mengurangi akuisisi komponen dalam lima tahun ke depan guna mendukung lebih banyak pemasok lokal China dan meningkatkan proporsi produksi dalam negeri.

Menurut informasi yang diungkapkan oleh Samsung, Huawei saat ini adalah pelanggan terbesar kelima Samsung. Tepat setelah Apple, Best Buy, Deutsche Telekom, dan Verizon.

Laman Giz China mengutarakan, Huawei membeli chip memori dan penyimpanan dari Samsung, tapi China telah banyak berinvestasi memproduksi memori dan penyimpanan dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan seperti Ziguang, Yangtze River Storage, dan Changxin Storage semuanya telah melaju pesat dan membuat kemajuan yang lebih baik.

Dengan demikian, media Korea percaya bahwa ponsel Huawei pasti akan menggunakan lebih banyak memori domestik dan penyimpanan flash di masa depan.

Selain itu, media Korea melihat Huawei lebih unggul dari Samsung dalam teknologi 5G dan daya saing harga. Sementara Samsung Exynos SoC menantang jajaran prosesor Kirin Huawei.

Akhirnya, data menunjukkan bahwa pada kuartal kedua tahun ini, pangsa pasar Huawei di pasar semikonduktor Asia-Pasifik adalah 12,9%. Atau hampir sebanyak 13,1% milik Samsung.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8639 seconds (0.1#10.140)