alexametrics

Truk Derek Siap Bersihkan Puing-Puing di Orbit Bumi

loading...
Truk Derek Siap Bersihkan Puing-Puing di Orbit Bumi
Ilustrasi Bumi. FOTO/ Ist
A+ A-
NEW YORK - Ada begitu banyak satelit yang mengorbit bumi, namun kebanyakan dari mereka gagal dan sudah tak berfungsi lagi sebagai mana mestinya. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menumpuk dan menjadi masalah.

Space Chief telah menugaskan sebuah proyek senilai 100 juta Poundsterling untuk membersihkan puing-puing satelit yang gagal di orbit bumi. Nantinya truk derek tak berawak ini pertama-tama akan menargetkan bagian dari roket milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang mengambang hingga 435 mil sejak tahun 2013.

Setelah di luar angkasa, truk derek tersebut akan mengambil puing-puing dengan lengan robotnya sebelum kembali ke Bumi. Keduanya akan terbakar di atmosfer saat masuk kembali.



Sebagaimana dilansir dari laman The Sun, Rabu (11/12/2019) Startup asal Swiss, ClearSpace telah dipilih oleh ESA untuk melaksanakan apa yang diyakini sebagai misi pembersihan puing-puing satelit gagal pertama di dunia yang akan dimulai pada tahun 2025.Pendiri ClearSpace, Luc Piguet mengatakan ini merupakan waktu yang tepat untuk misi semacam itu dan masalah puing ruang angkasa lebih mendesak dari yang sebelumnya.
"Hari ini kami memiliki hampir 2.000 satelit yang hidup di ruang angkasa dan lebih dari 3.000 satelit gagal" ujarnya.

Selain itu, Bos ESA Jan Worner berharap dengan adanya misi ini, akan membuka jalan bagi industri-industri baru untuk membersihkan puing-puing satelit yang gagal di orbit.

"Bayangkan betapa berbahayanya berlayar di laut lepas jika semua kapal yang pernah hilang dalam sejarah masih melayang di atas air, itulah situasi saat ini di orbit, dan itu tidak bisa dibiarkan terus berlanjut" jelas Tuan Worner. (Auza Asyani)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak