Hadirkan Inovasi Baru, Ajang TOP BUMD Awards 2020 Libatkan Para Ahli

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 10:36 WIB
loading...
Hadirkan Inovasi Baru, Ajang TOP BUMD Awards 2020 Libatkan Para Ahli
ILUSTRASI hacker. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ajang TOP BUMD Awards 2020 (Badan Usaha Milik Daerah) kembali diselenggarakan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Untuk tahun 2020 ini, tema yang diangkat adalah: Strategi Keberlangsungan Bisnis BUMD di era New Normal. Acara penganugerahan TOP BUMD Awards diselenggarakan, dengan mengikuti Protokol Kesehatan dan dihadiri oleh 470 peserta, termasuk Kepala Daerah dan TOP Manajemen BUMD seluruh Indonesia.

Beberapa BUMD Terbaik di Indonesia, mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020. Mereka diantaranya: Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kab Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kab. Berau, PDAM Kab Nunukan. Selain itu juga, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, dan BPR Batola Kab. Barito Kuala.

Ada juga, BUMD Terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim.

Sedangkan BUMD yang banyak melakukan perbaikan (Improvement), diantaranya adalah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan PDAM Kota Gorontalo.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin yang turut berpartisipaso dalam acara tersebut mendorong agar BUMD melakukan “Gerakan Sinergi BUMD” yakni sinergi antar BUMD, dan sinergi BUMD dengan BUMN. “Para Kepala Daerah, harus terus untuk membina, mengarahkan, dan memfasilitasi BUMD, agar terus berkembang serta mampu meningkat kinerja dan layanannya, untuk membangun daerah, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru,” tegas Wapres.
Hadirkan Inovasi Baru, Ajang TOP BUMD Awards 2020 Libatkan Para Ahli

Sementara itu, Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A., menilai pentingnya pemerataan pembangunan melalui penguatan kinerja BUMD di seluruh Indonesia. Ketua MPR, yang memiliki panggilan akrab Bamsoet ini, menyatakan bahwa BUMD memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. “Jika pembangunan berjalan lebih merata, maka persatuan dan kesatuan nasional, akan tetap terjaga,” ujar Bamsoet

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2020, yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards merupakan kegiatan award BUMD tingkat nasional. Kegiatan ini sudah diselenggarakan setiap tahun oleh majalah Top Business sejak 2016. Mulai tahun 2020 ini, majalah Top Business menyelenggarakan TOP BUMD Awards, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), dan beberapa asosiasi dan konsultan bisnis.

Tahun ini, TOP BUMD Awards diikuti oleh 163 BUMD Finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 7%, dibanding tahun 2019 sebanyak 152 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD telah mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk Wawancara Penjurian, yang telah diselenggarakan secara online, sejak 16 Maret – 8 Juni 2020. Ada 8 Profesor dan beberapa Doktor diantara 30 Dewan Juri yang juga pakar dan ahli dibidang manajemen Bisnis dan BUMD, yang melakukan penilaian dalam TOP BUMD Awards ini.

“Dengan segala kerendahan hati, mudah-mudahan, kegiatan TOP BUMD Awards ini, terus menjadi kegiatan BUMD Awards yang Terbesar, Paling Kredibel, Paling Bermanfaat di Indonesia,” ujar Lutfi.

Kegiatan TOP BUMD Awards, bukan hanya sekedar kegiatan pemberian penghargaan. Namun didalamnya, kita mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD Peserta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)