Norwegia Pakai Huawei dalam Pengadaan Jaringan 5G

Senin, 16 Desember 2019 - 18:55 WIB
Norwegia Pakai Huawei dalam Pengadaan Jaringan 5G
Norwegia Pakai Huawei dalam Pengadaan Jaringan 5G
A A A
BRUSSELS - Norwegia sepertinya tidak mau tertinggal dari negara-negara Eropa lain dalam menghadirkan 5G di negaranya. Teknologi jaringan kelima ini memang perlahan sudah mulai banyak diterapkan di beberapa negara.

Sebuah jaringan layanan operator milik Norwegia, Telenor, mengungkapkan bahwa akan menggunakan peralatan miliki Huawei dalam membangun jaringan 5G di seluruh negeri.

Kedua perusahaan itu telah menjalin kerja sama lebih dari satu dekade untuk pengadaan jaringan 4G di Norwegia. Ini menjadi salah satu alasan dipilihnya Huawei dalam pengadaan 5G.

Petter-Boerre Furberg, Pemimpin Telenor, mengatakan pihaknya akan mulai mengganti komponen jaringan 4G Huawei menjadi 5G di Norwegia, selama empat sampai lima tahun mendatang.

Namun, tidak hanya Huawei, Telenor juga menggandeng Ericsson untuk pengadaan 5G di negaranya. Ericsson merupakan vendor baru perusahaan dalam hal pengadaan RAN (Regional Area Network) 5G.

Sementara itu, Huawei juga telah mengirimkan perangkat keras RAN serupa, tetapi tidak untuk jaringan inti. “Kami juga bekerja sama dengan Huawei untuk memelihara jaringan 4G dan juga meningkatkan cakupan 5G di area tertentu di Norwegia,” jelas Vice President Communication Telenor, Hanne Knudsen, dikutip dari Reuters, Senin (16/12/2019).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9203 seconds (0.1#10.140)