Fitur Privasi di iOS 14 Bikin Facebook Rugi

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 20:02 WIB
loading...
Fitur Privasi di iOS 14 Bikin Facebook Rugi
Ilustrasi Facebook. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Apple telah lama mengutamakan soal privasi pengguna. Perusahaan besutan Steve Jobs ini telah memperkenalkan berbagai fitur perlindungan privasi di sistem operasinya seperti iOS dan macOS yang sebenarnya bisa memberikan dampak pada pengiklan.

Namun Apple nampaknya tak terlalu memperdulikan protes pengiklan tersebut, karena sistem operasi terbaru iOS 14 tentu akan memperkenalkan lebih banyak lagi cara untuk menjaga privasi penggunanya.(Baca juga: Logam Mulia, Perhiasan, dan Lemak Hewan Bikin Neraca Dagang Luber
Facebook pun buka suara terhadap perubahan privasi yang akan datang di iOS 14, di mana Apple memperingatkan pengiklannya bahwa mereka akan benar-benar melihat penurunan pendapatan hingga 50%.(Baca juga: Logam Mulia, Perhiasan, dan Lemak Hewan Bikin Neraca Dagang Luber )

Ini karena di iOS 14, Apple memberi pengguna opsi untuk mencegah iklan melacak pengguna di seluruh aplikasi dan situs web. Akibatnya, pengguna mungkin akan mulai melihat iklan yang kurang bertarget atau dipersonalisasi.

Menurut Facebook, meskipun sulit untuk mengukur dampak terhadap penerbit dan pengembang pada saat ini, tapi dalam pengujiannya Facebook telah melihat lebih dari 50% penurunan pendapatan penerbit Audience Network ketika personalisasi dihapus dari pemasangan iklan seluler.

"Pada kenyataannya, dampak terhadap jaringan audiens di iOS 14 mungkin jauh lebih besar, jadi kami sedang mengerjakan strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk mendukung penayang melalui perubahan ini," kata Facebook dilansir dari laman Ubergizmo, Jumat (28/8/2020).

iOS 14 saat ini dijadwalkan untuk rilis pada musim gugur mendatang yang diprediski bersamaan dengan pengumuman perangkat iPhone 12.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4448 seconds (0.1#10.140)