VW Sematkan Suara pada ID.3. untuk Cegah Kecelakaan

Rabu, 18 Desember 2019 - 20:01 WIB
VW Sematkan Suara pada ID.3. untuk Cegah Kecelakaan
VW Sematkan Suara pada ID.3. untuk Cegah Kecelakaan
A A A
BERLIN - Teknologi mobil listrik yang sedang gencar diproduksi oleh berbagai produsen kendaraan saat ini, memang digadang baik bagi lingkungan. Namun, kendaraan ini menimbulkan masalah baru karena tidak mengeluarkan suara saat berjalan. Akibatnya, risiko kecelakaan di jalan pun semakin meningkat.

Sebagai upaya mencegah hal tersebut, Volkswagen tetap menyematkan suara seperti mobil konvensional pada ID.3. Tetapi suara yang ditimbulkan itu bukan berasal dari mesin listrik, melainkan teknologi suara buatan yang baru-baru ini dikenalkan VW di Future Sound, Berlin, Jerman.

Kebanyakan mobil listrik memang tidak mengeluarkan suara saat melaju pelan maupun kencang. Sistem Peringatan Akustik Kendaraan (AVAS) pada VW ID.3 bisa mengeluarkan suara seperti mobil dengan bahan bakar bensin pada kecepatan 30 km/jam. Suaranya akan semakin kencang seiring laju mobil yang semakin cepat.

Suara yang ditimbulkan bisa terdengar dari dalam dan luar kendaraan. Kerasnya suara tergantung dari kecepatan dan posisi pedal akselerator. Jika teknologi teranyar ini bisa diterapkan secara luas, kemungkinan besar bisa menjadi solusi salah satu permasalahan yang timbul dari mobil listrik.

“Suara mobil listrik menentukan karakteristiknya. Ini mungkin terdengan futuristik dan juga mengesankan dengan indentitas yang unik,” kata Frank Welsch, Kepala Pengembangan Mobil Penumpang Volkswagen, dikutip dari Electrek, Rabu (18/12/2019).

Foto: Suara yang timbul berasal dari Sistem Peringatan Akustik Kendaraan (AVAS). Kencangnya suara seiring dengan cepatnya laju kendaraan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5447 seconds (0.1#10.140)