Tren IT Meningkat, Pasar Streaming Menggiurkan Artis Hollywood

Kamis, 19 Desember 2019 - 06:45 WIB
Tren IT Meningkat, Pasar Streaming Menggiurkan Artis Hollywood
Tren IT Meningkat, Pasar Streaming Menggiurkan Artis Hollywood
A A A
LONDON - Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat juga mempengaruhi perilaku aktor dan artis papan atas dunia untuk mendapat duit. Terbukti, kini mereka tidak lagi melulu memburu job peran untuk labar lebar, tapi juga menyasar layar kecil via streaming.

Fakta ini muncul seiring dengan menguatnya dan meluasnya pasar streaming. Para aktor dan aktris Hollywood memilih bermigrasi ke layar kecil karena ternyata perputaran uangnya sangat kuat. Beberapa aktor dan aktris bahkan dilaporkan meraup pendapatan di atas USD1 juta (Rp13,9 miliar) per episode pada tahun ini.

Nama-nama aktor dan artis dimaksud antara lain Reese Witherspoon, Nicole Kidman, Jennifer Aniston, Harrison Ford, Steve Carell, Bryan Cranston, Jeff Bridge, Jason Mamoa, dan Patrick Stewart.

Reese Witherspoon termasuk yang paling beruntung karena mampu mengumpulkan pendapatan tujuh digit dalam waktu singkat. Melalui film The Morning Show, dia meraup USD1 juta per episode, dan USD1,1 juta dalam film Little Fires Everywhere.

Witherspoon dan Nicole Kidman awalnya hanya meraup USD200 ribu per episode dalam film serial pertama mereka Big Little Lies. Pendapatan Witherspoon melonjak tinggi hingga USD1 juta per episode pada musim berikutnya menyusul banyaknya penilaian positif dan kesuksesan besar filmnya secara komersial.

Koleganya di tempat syuting, Jennifer Aniston, juga mengantongi USD1 juta per episode dalam film The Morning Show dan Kerry Washington USD1,1 juta dalam film Little Fires Everywhere.

Harrison Ford, pemain film Star Wars, Indiana Jones, dan Blade Runner 2049, juga mengikuti tren sama.Ford dilaporkan akan memulai debutnya dengan bermain dalam film fiksi yang diadaptasi

dari kisah nyata, The Staircase. Sejauh ini, tidak diketahui kapan film itu akan disiarkan. Namun, aktor dengan pendapatan tertinggi keempat di AS tersebut dilaporkan akan memperoleh pendapatan USD1,2 juta per episode.

Hampir sama seperti Ford, Aktor Steve Carell juga meraih pendapatan tinggi dari film serial. Dia meraih USD1 juta per episode dalam film komedi Netflix, Space Force dan USD700 ribu per episode dalam film The Morning Show. Begitupun dengan aktor senior Jeff Bridge yang meraup USD1 juta dari film Hulu, The Old Man.

“Para aktor dan aktris besar kini bersedia untuk bermain dalam film serial. Dulu, mereka biasanya berkata,’Kami tidak tertarik dengan industri pertelevisian,’” kata seorang agen, dikutip Dailymail. “Kini, alasan apa yang akan dikemukakan aktor sekelas Leonardo DiCaprio jika ditawari bermain dalam film serial?”

Sampai saat ini, aktor dan aktris lainnya tidak menerima pendapatan tujuh digit. Namun, pendapatan mereka tergolong tinggi. Beberapa di antaranya yang meraup gaji enam digit per episode ialah Bryan Cranston (USD700 ribu) dari Your Honor, Jason Mamoa (USD600 ribu) See, dan Patrick Stewart (USD750 ribu) Picard.

Produser film dan televisi, Dante Di Loreto, mengatakan sekarang menjadi masa puncak pencarian bakat menyusul tingginya aliran investasi terhadap film serial. “Banyak sekali uang yang ditanamkan di tanah pertelevisian menyusul banyaknya perusahaan baru yang ingin memberikan dampak secara cepat,” kata Di Loreto.

Aktor dan aktris bukanlah satu-satunya orang yang meraup pendapatan tinggi per episode dari melejitnya bisnis streaming. Rapper Cardi B. dan Chancelor Jonathan Bennett atau akrab disapa Chanche the

Rapper meraih pendapatan USD500 ribu per episode dalam program kompetisi musik rap Rhythm + Flow.

Para komedian juga memperoleh pendapatan tinggi. Komedian Ellen DeGeneres yang juga host televisi dilaporkan meraih pendapatan sekitar USD20-25 juta untuk melakukan stand up comedy special di Netflix.

Menurut ahli, megabintang pertama yang memicu tren bermain di serial televisi ialah Kevin Spacey. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6069 seconds (0.1#10.140)