Pasarkan Potensi Daerah, Pemkab Rembang Siapkan Generasi Melek Digital

Sabtu, 21 Desember 2019 - 17:13 WIB
Pasarkan Potensi Daerah, Pemkab Rembang Siapkan Generasi Melek Digital
Pasarkan Potensi Daerah, Pemkab Rembang Siapkan Generasi Melek Digital
A A A
REMBANG - Pemerintah telah menggaungkan Revolusi Industri 4.0 di segala bidang, termasuk industri pariwisata. Di zaman serbadigital ini, media sosial dan beragam platform lainnya bisa menjadi alat yang efektif untuk menginformasikan objek wisata di suatu daerah.

Kaum milenial sebagai bonus demografi Indonesia pun identik dengan dunia digital. Karena itu tak salah jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mendorong milenial di wilayahnya untuk berkreasi menciptakan inovasi di berbagai bidang, khususnya pariwisata.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), 51% inbound traveller ke Indonesia adalah generasi milenial. Sedangkan 70% melakukan pencarian atau aktif berbagi informasi wisata melalui dunia digital, baik itu Vlog, blog maupun media sosial populer lainnya.

“Rembang memiliki banyak tempat wisata, Batik Lasem dan lainnya yang memerlukan promosi intensif dari kalangan milenial agar semakin dikenal rakyat Indonesia,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang, Agus Salim, di Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (21/12/19).

Guna menunjang skill kaum milenial, Pemkab Rembang memberikan pelatihan Writingthon Festival dan Eduvlog Festival. Pelatihan tersebut bertujuan melahirkan vlogger yang dapat menarasikan dan mempromosikan objek wisata Batik Lasem, serta kebudayaan dan potensi sumber daya Rembang secara baik dan positif.

“Dalam menyongsong Tourism 4.0, kaum milenial dapat menjadi ujung tombak promosi potensi Kabupaten Rembang. Oleh karena itu perlu menyiapkan generasi-generasi muda dengan baik,” kata Agus Salim.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2426 seconds (0.1#10.140)