Harga PlayStation 5 dan Xbox Series X Jauh Lebih Mahal dari Pendahulunya

Minggu, 22 Desember 2019 - 11:05 WIB
Harga PlayStation 5 dan Xbox Series X Jauh Lebih Mahal dari Pendahulunya
Harga PlayStation 5 dan Xbox Series X Jauh Lebih Mahal dari Pendahulunya
A A A
TOKYO - Microsoft dan Sony sangat ambisius untuk meluncurkan konsol game mereka berikutnya, yakni PlayStation 5 dan Xbox Series X. Begitu ambisiusnya hingga harga konsol dapat naik sangat tajam.

Laman Giz China menyebutkan, publik telah mengetahui Sony dan Microsoft akan memasarkan PlayStation 5 dan Xbox Series X pada akhir 2020. Keduanya pun mulai mengungkap karakteristik teknis dari dua konsol tersebut.

Situs khusus game, Digital Foundry, telah menganalisis secara ekstensif desain Xbox Series X yang baru saja dikenalkan. Begitu juga karakteristik yang diharapkan dari konsol itu.

Kesimpulannya, chip grafis AMD pada Xbox Series X seharusnya mampu memiliki daya kotor 12 TFlops, akan lebih kompleks daripada semua kartu grafis yang diluncurkan oleh AMD sejauh ini. Untuk itu perangkat bakal ditambahkan dengan prosesor high-end, berdasarkan Zen 2 generasi terbaru dari AMD, dan NVMe SSD yang sangat cepat. Belum diketahui berapa kapasitasnya, tapi diramalkan minimal 500 GB-1 TB.

Digital Foundry menyatakan, untuk memberi daya pada semua keunggulan ini, mungkin perlu untuk menghitung peningkatan tajam daya dalam konsumsi konsol dalam permainan. Dengan demikian, butuh catu daya yang lebih kuat. Pendinginan juga harus lebih disesuaikan, terutama karena Microsoft berjanji untuk menghasilkan konsol setenang Xbox One X.

Secara keseluruhan, situs tersebut happy melihat Xbox Series X yang menjanjikan teknis sangat ambisius. Begitu juga dengan PlayStation 5 yang ikut memberikan kesan menyenangkan.

Dari artikel ini, analis terkenal Daniel Ahmad menyimpulkan, sulit membayangkan bahwa konsol ini dapat diluncurkan dengan harga kurang dari USD400 dolar. Mengingat biaya produksi juga ikut terlibat dalam penentuan harga. Harga CPU/GPU, GDDR6 Memory, dan NVMe SSD saja akan jauh di atas 50% dari harga Rp5,6 juta.

Bukan hanya itu, pasangan prosesor/kartu grafis yang diproduksi dalam 7 nm oleh AMD dan TSMC juga ikut mendongkrak harga konsol. Di luar itu, ukuran yang lebih besar dari Xbox Series X bakal berdampak pada harga pembuatan case, terutama penyimpanan dan distribusinya.

Masih minat membeli konsol game baru? Kalau begitu, Anda perlu siapkan kocek dalam-dalam sedari sekarang.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9286 seconds (0.1#10.140)