Kursi Roda Berlengan Robot untuk Disabilitas

loading...
Kursi Roda Berlengan Robot untuk Disabilitas
Foto: dok/TheRoboticReport.com
PARA peneliti di Neuro-Biomorphic Engineering Lab di Universitas Terbuka Israel sedang mengembangkan lengan robotik yang dipasang di kursi roda. Lengan ini untuk membantu pasien yang mengalami cedera tulang belakang dalam melakukan tugas sehari-hari. (Baca: Memanas, China Usir Kapal Perang AS dari Laut China Selatan)

Proyek ini akan menggunakan pendanaan dan teknologi dari Accenture PLC serta teknologi neuromorfik Intel Corp dan dukungan algoritmik Applied Brain Research Inc. Perusahaan ini telah mengumumkan untuk mendukung proyek melalui Intel Neuromorphic Research Community (INRC).

Pengembangan lengan robotik akan dievaluasi secara klinis dan diuji kepada anak-anak di Rumah Sakit ALYN. Rumah sakit itu dikenal sebagai pusat rehabilitasi komprehensif untuk anak-anak cacat, remaja dan dewasa paling maju di Israel.

Mengutip laman The robot report, lebih dari 75 juta orang diseluruh dunia membutuhkan kursiroda untuk mobilitas. Sebagian di antara mereka ada juga yang tidak sanggup menggerakkan organ bagian atas seperti tangan.



Bagi mereka yang mengalami cedera neuromuskuler atau sumsum tulang belakang, akan susah menggerakkan seluruh tubuhnya. Tugas mendasar seperti minum dari cangkir atau makan dengan sendok pun hampir tidak mungkin dilakukan. Ini menjadi tantangan terpenting mereka agar dapat memiliki kemampuan untuk menjangkau dan memanipulasi objek secara akurat dan konsisten.

Kursi Roda Berlengan Robot untuk Disabilitas


Hasil penelitian menunjukkan bahwa robotika mampu mengisi celah untuk melakukan beberapa tugas yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Lengan robotik yang dipasang pada kursi roda memberikan peningkatan rasa kemandirian bagi pengguna dan mengurangi kebutuhan waktu pengasuh hingga 41%.



Namun, teknologi ini masih tergolong sangat mahal sehingga tidak dapat diakses oleh sebagian besar orang yang membutuhkannya. Mahalnya perangkat ini disebabkan oleh suku cadang yang mengharuskan lengan robot dapat beradaptasi dengan pengguna dan lingkungan secara real time.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR ANDA
preload video
Top