Serangan Siber ini, Diprediksi Bakal Marak di 2020

Selasa, 24 Desember 2019 - 22:31 WIB
Serangan Siber ini, Diprediksi Bakal Marak di 2020
Serangan Siber ini, Diprediksi Bakal Marak di 2020
A A A
JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memprediksi serangan siber yang akan terjadi pada 2020. Salah satu yang diprediksi akan menjadi tren yakni ransomware.

Ransomeware adalah jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar.

"Prediksinya tahun 2020, ransomeware masih akan meningkat," ujar Direktur Proteksi Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional (IIKN) BSSN Agung Nugraha, disela-sela Forum Diskusi Telematika Akhir Tahun 2019, di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Jenis serangan siber ini, menurut Agung, juga menjadi serangan siber yang paling banyak terjadi selama 2019.

"Sudah pasti karena masih banyak celah di website Indonesia itu belum secure. Penipuan fraud untuk digital economy masih jadi tren. Ransonware makin meningkat," jelasnya.

Kemudian, ada kejahatan yang sudah menggunakan Artificial Intelligence atau AI, perangkat Internet of Things (IoT) yang semakin terkoneksi dengan sektor perbankan menjadikan potensi sehingga serangannya harus diantisipasi.

"Ada Kejahatan yg sudah menggunakan AI, dan tentunya AI harus dilawan dgn AI. Kemudian iot semakin interkoneksi, terutama di sektor perbankan sudah open banking potensi serangannya harus diantisipasi," tegasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1769 seconds (0.1#10.140)