Gawat, Layanan Stasiun Luar Angkasa Internasional Segera Berakhir

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:36 WIB
loading...
Gawat, Layanan Stasiun Luar Angkasa Internasional Segera Berakhir
Kapsul Dragon SpaceX Endeavour (kanan) terlihat berlabuh di modul Harmony Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dekat kapal kargo HTV-9 Jepang dan laboratorium European Columbus pada 1 Juli 2020. Foto/©NASA
A A A
HOUSTON - Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sudah mencapai usia 20 tahun sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa pada musim gugur ini. NASA tergerak untuk memanfaatkan tahun-tahun yang tersisa dari laboratorium yang mengorbit tersebut. (Baca juga: Pesan Penting Megawati Soekarnoputri kepada Mahasiswa Doktoral Unhan )

Pejabat NASA menggarisbawahi bahwa kompleks astronot itu dalam kondisi sangat baik. Bahkan ISS baru saja menerima satu set peningkatan baterai agar tetap berjalan untuk sementara waktu.

Dalam beberapa bulan, kru komersial operasional akan memperluas kapasitas stasiun untuk penelitian. Karena lebih banyak astronot dari pesawat ruang angkasa masuk ke fasilitas tersebut.

Administrasi Trump dan NASA juga meningkatkan upaya untuk menerbangkan astronot pribadi dan menambahkan modul pribadi ke ISS. Sementara aktivitas terus berjalan di stasiun, program Stasiun ISS akan berakhir pada 2024. Tetapi NASA dan mitra internasional lainnya sedang mendiskusikan perpanjangan hingga setidaknya tahun 2028.

"ISS adalah alat yang luar biasa, dan tentu saja di mana kami berada sekarang, kami akan menggunakannya semaksimal mungkin selama bertahun-tahun yang tersisa," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine dalam presentasi di konferensi Riset & Pengembangan ISS yang disiarkan secara online, seperti disitat laman Space.com.

"Kami tidak tahu kapan (program stasiun) itu akan berakhir. Kami tahu itu tidak bisa bertahan selamanya," tambahnya.

Agenda yang Ambisius
Diskusi tentang masa depan ISS muncul ketika NASA merencanakan agenda ambisius di luar angkasa di tahun-tahun mendatang. NASA akan merayakan ulang tahun ke-20 keberadaan manusia di stasiun luar angkasa pada 2 November, menandai dua dekade sejak Ekspedisi 1 dimulai dengan versi ISS yang jauh lebih kecil untuk masa tinggal selama beberapa bulan.

Untuk diketahui perakitan lab yang mengorbit dimulai pada tahun 1998. Tetapi perlu dua tahun lagi sebelum ISS mulai menampung kru secara terus menerus.

Di masa depan, NASA bekerja untuk mendaratkan astronot di bulan lagi pada tahun 2024, dengan bantuan pesawat ruang angkasa komersial yang didanai melalui Program Layanan Bulan Komersial. Badan tersebut juga berencana, di luar "jalur kritis" pendaratan di bulan, untuk membangun stasiun ruang angkasa kecil di dekat bulan yang disebut Gateway. Gateway sendiri telah menarik beberapa mitra internasional, seperti komitmen Kanada untuk menyediakan lengan robotik Canadarm3.

Semua proyek ini, bagaimanapun, bergantung pada pendanaan Kongres yang sedang berlangsung. NASA belum menyelesaikan anggarannya untuk tahun fiskal 2021 karena masih harus disetujui oleh DPR dan Senat, dan tantangan membayangi karena lingkungan ekonomi yang tidak pasti dari pandemik virus Corona. Belum lagi dengan hasil Pilpres November 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)