Investor Raksasa Asing Suntik Ruangguru Rp2,1 Triliun

Jum'at, 27 Desember 2019 - 13:26 WIB
Investor Raksasa Asing Suntik Ruangguru Rp2,1 Triliun
Investor Raksasa Asing Suntik Ruangguru Rp2,1 Triliun
A A A
JAKARTA - Ruangguru mengumumkan telah mengantongi pendanaan Seri C sebesar USD150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun. Seri pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan investasi (growth equity) global, General Atlantic dan perusahaan modal ventura global GGV Capital, yang diikuti oleh sejumlah investor lainnya.

Transaksi ini diklaim menjadi salah satu yang terbesar bagi perusahaan teknologi pendidikan di Asia Tenggara. "Kami sangat antusias menyambut kemitraan dengan General Atlantic dan GGV Capital ini. Kami yakin dua perusahaan ini telah memahami visi kami, yakni membangun perusahaan pendidikan yang berdampak sosial tinggi dan juga berkelanjutan," kata pendiri dan CEO Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Disebutkan Belva, kedua perusahaan investasi tersebut memiliki rekam jejak yang kuat dalam membantu startup lainnya dalam mengembangkan bisnis di sektor pendidikan dan teknologi. Kucuran dana segar ini bakal digunakan Ruangguru untuk mendukung pengembangan produk dan layanannya di Indonesia dan Vietnam.

Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru, Iman Usman, mengatakan, mereka berkomitmen untuk terus membangun kurikulum yang komprehensif, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mudah dimengerti dan menyenangkan.

"Saat ini, 80% dari pengguna kami berada di luar Jakarta. Hal tersebut menunjukan bahwa produk kami diterima secara luas dan terdistribusi secara efektif. Kami bangga mengetahui bahwa apa yang kami lakukan sekarang dapat membantu jutaan siswa Indonesia mencapai mimpi mereka,” papar Iman.

Sementara, Managing Director dan Pimpinan General Atlantic India dan Asia Tenggara, Sandeep Naik memperlihatkan antusiasmenya dalam kerja sama kali ini. Dikatakannya, pendidikan bukanlah sektor yang asing bagi kegiatan investasi General Atlantic. Ini terbukti dari kemitraan mereka dengan perusahaan-perusahaan pendidikan global lainnya seperti Byju's, Hotmart, Arco, Open Classrooms, dan Little Golden Star.

“Kami merasa bangga dapat mendukung Ruangguru dalam memperlancar pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Layanan Ruangguru yang terjangkau dan berkualitas memperkuat upaya Ruangguru dalam mendistribusikan produk-produknya ke masyarakat luas, dan kami merasa bahwa model inilah yang sangat sesuai dengan pasar Indonesia," tuturnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7090 seconds (0.1#10.140)