NASA Tangkap Gambar Komet Sungrazer yang Hancur Sebelum Menabrak Matahari

loading...
NASA Tangkap Gambar Komet Sungrazer yang Hancur Sebelum Menabrak Matahari
Tampak komet Sungrazer yang tertangkap gambar oleh US Naval Research Laboratory (NRL) and Solar dan Heliospheric Observatory NASA. Komet ini hancur sebelum menabrak Matahari. Foto/Twitter NASA
HOUSTON - Sebuahkomet yang disebut Sungrazer berhasil tertangkap gambaroleh US Naval Research Laboratory (NRL) and Solar dan Heliospheric Observatory NASA. (Baca juga: Pesepeda di Sudirman-MH Thamrin Diimbau Berpencar ke 10 Lokasi Kawasan Khusus Pesepeda)

Sebuah komet yang melintas dekat ke arah Matahari, namun akhirnya hancur pada jalur tabrakan dengan Matahari. Komet tersebut mendekati Matahari (dari barat daya, atau kanan bawah). Sehingga, komet itu pasti sudah tumpang tindih dengan piringan Matahari ketika masih "hidup".

Perhitungan lintasan, komet ini diperkirakan akan lewat di belakang Matahari pada jarak kurang dari dua jari-jari Matahari (865.000 mil atau 1,4 juta kilometer).

Karl Battams dari NRL dan Proyek Komet Sungrazing NASA, mengatakan, itu tidak akan bertahan bagi komet kecil. Battams menunjukan betapa cepatnya komet itu berpisah saat melesat menuju bintang tetangga kita.



"Ekor (komet) bukanlah ekor komet biasa - ini lebih seperti jejak puing-puing batu," kata Battams dikutip dari laman CNET, Sabtu (29/8/2020).

"Komet sedang didekonstruksi seluruhnya oleh radiasi Matahari di lingkungan paling berbahaya di tata surya kita," sambungnya.

Komet Sungrazer bukannya langka, tapi yang satu ini sangat cerah dan mudah dikenali. (Baca juga: Tim Fordzilla Ubah Ford GT Jadi Hypercar Concept)
(iqb)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top