Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta Lewat Aplikasi Pantau Banjir

Rabu, 01 Januari 2020 - 16:51 WIB
Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta Lewat Aplikasi Pantau Banjir
Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta Lewat Aplikasi Pantau Banjir
A A A
JAKARTA - Hari pertama di tahun 2020 disambut dengan rasa duka oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Sebab, tepat di hari Rabu (1/1/2020) ini, banyak kawasan di Jakarta yang terendam banjir.

Hujan yang mengguyur Ibu Kota sejak Selasa sore, menyebabkan naiknya air tidak dapat terhindarkan. Ketinggian banjir juga beragam, dari dua sentimeter hingga lebih dari 150 sentimeter.

Untuk mengetahui kawasan mana saja di Jakarta yang terlanda banjir, Pemprov DKI sudah menyediakan aplikasi bernama Pantau Banjir.

Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memantau seputar banjir di Jakarta.

Ada empat layanan utama di dalam aplikasi. Pertama Report, yang berisi laporan warga Jakarta mengenai banjir di daerahnya. Layanan ini dilengkapi foto, alamat, dan ketinggian banjir. Cukup dengan login ke aplikasi, setiap pengguna dapat melaporkan informasi serupa.

Kedua Pintu Air, yang berguna untuk memantau ketinggian air di pintu air yang ada di Jakarta. Di dalamnya juga diinformasikan cuaca di lokasi dan status ketinggiannya, agar warga sekitar bisa waspada.

Ketiga Pos Pengamatan, yang memiliki fungsi sama seperti Pintu Air. Pengguna dapat melihat debit air yang datang ke Jakarta berdasarkan jam.

Terakhir Pompa Air. Di sini ditampilkan jumlah pompa air yang sedang beroperasi di seluruh wilayah di Jakarta, sebagai upaya menyurutkan banjir.

Selain itu, agar lebih mudah melihat titik banjir di Jakarta, aplikasi ini juga menyediakan fitur Peta Banjir. Di sini diperlihatkan ketinggian air di sejumlah wilayah, dengan membedakan warna untuk membedakan ketinggiannya.

Foto/screenshot: Aplikasi besutan Pemprov DKI ini dapat digunakan untuk memantau dan melaporkan banjir.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0336 seconds (0.1#10.140)