Banjir Jabodetabek, Facebook Aktifkan Safety Check

Kamis, 02 Januari 2020 - 15:33 WIB
Banjir Jabodetabek, Facebook Aktifkan Safety Check
Banjir Jabodetabek, Facebook Aktifkan Safety Check
A A A
JAKARTA - Facebook mengaktifkan kembali fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan bagi penggunanya yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Fitur ini aktif setelah beberapa wilayah Ibu Kota dan sekitarnya terendam banjir. Terpantau fitur Safety Check ini aktif mulai Rabu (1/1) hingga Kamis siang (2/1/2019).

"Berbagai sumber melaporkan bahwa hujan deras menyebabkan banjir di banyak daerah di Jakarta. Tidak ada laporan awal tentang cedera, tetapi sejumlah rumah terkena dampak banjir," tulis Facebook pada halaman tersebut.

Facebook juga mencatat bahwa wilayah yang terkena dampak banjir di Jakarta meliputi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gedong, Jakarta Timur, Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jalan Bambu Kuning di Cengkareng Barat, dan Jakarta Barat.

Sementara, sejumlah rumah rusak di Perumahan Jatimulya, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun, dan Kabupaten.

Fitur Safety Check menjadi cara yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk memberikan informasi terkait keselamat pengguna saat terjadi bencana.

Jika Anda terdeteksi ada di wilayah bencana tersebut, fitur ini akan otomatis muncul di linimasa. Anda melaporkan kondisi terkini Anda dengan pilihan 'Saya Selamat' atau 'Saya Tidak Terdampak'.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi kerabat dan keluarga lainnya.

Daftar teman yang berada di lokasi sekitar bencana bisa dilihat pada bagian 'Teman di Area' yang terdapat pada sisi kiri.

Dalam daftar tersebut akan muncul nama-nama teman di Facebook yang tercatat berada di lokasi kejadian. Teman yang telah menandai dirinya aman, akan ditampilkan pada bagian "Safe"

Pengguna juga bisa menawarkan atau meminta bantuan lewat halaman ini.

Pada peta tawarkan atau minta bantuan, terdapat titik merah yang artinya ada pengguna lain yang meminta bantuan, jika biru artinya ada pengguna yang menawarkan bantuan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4380 seconds (0.1#10.140)