Honda Recall 11.500 Motor CBR250RR karena Bak Oli Mesin Bocor

loading...
Honda Recall 11.500 Motor CBR250RR karena Bak Oli Mesin Bocor
Honda mengimbau para pemilik CBR250RR di Jepang untuk melakukan penggantian bak oli di dealer-dealer resmi Honda. Foto/Ist
TOKYO - Honda mengumumkan akan melakukan penarikan kembali atau recall pada sekitar 11.500 unit CBR250RR yang dipasarkan di Jepang. Terkait masalah tersebut, pada 28 Agustus lalu, Honda melayangkan surat kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, terkait rencana penarikan kembali dan perbaikan gratis untuk komponen Honda CBR250RR yang bermasalah.

Melansir laman Response, semua unit yang terkena imbas program recall merupakan rakitan mulai tanggal 17 Maret 2017 hingga 18 Juni 2020. Penarikan tersebut dilakukan karena ditemukannya potensi kebocoran pada oil pan atau bak oli mesin motor tersebut. Dugaan awal disebabkan karena pengecetan bak oli tidak memenuhi standar kualitas. (Baca juga: Pemerintah Diminta Terus Perjuangkan Kepentingan RI di Laut China Selatan)

Menurut pihak Honda, kualitas cat yang digunakan dianggap tidak mampu melindungi baut, sehingga berpotensi membuat baut pengikat kendur karena panas yang dihasilkan mesin.

Jika dibiarkan, oli mesin dapat bocor dan keluar dari bak oli. Dan dalam kasus terburuk, oli yang bocor tersebut dapat tercecer dan menempel di ban belakang. Inilah yang menimbulkan potensi kecelakaan.

Honda mengimbau para pemilik CBR250RR di Jepang untuk melakukan penggantian bak oli di dealer-dealer resmi Honda. Meski belum ditemukan kasus kecelakaan, tapi sejauh ini Honda sudah menemui 14 kasus bak oli yang cacat. (Baca juga: Tampil Gahar Meyakinkan, Ini Hypercar Termahal China yang Dirakit Terbatas)

(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top