Polisi Turki Pastikan Carlos Ghosn Tidak Sendiri Saat Kabur dari Jepang

Jum'at, 03 Januari 2020 - 18:01 WIB
Polisi Turki Pastikan Carlos Ghosn Tidak Sendiri Saat Kabur dari Jepang
Polisi Turki Pastikan Carlos Ghosn Tidak Sendiri Saat Kabur dari Jepang
A A A
ISTANBUL - Polisi Turki memastikan telah menangkap tujuh orang karena diduga membantu mantan pemimpin Nissan Carlos Ghosn melarikan diri ke Lebanon, melalui Istanbul.

Seperti dilansir dari Guardian, Mereka yang ditangkap termasuk empat pilot, seorang manajer perusahaan kargo dan dua pekerja bandara.

Tangkapan itu dibuat setelah Kementerian Dalam Negeri Turki meluncurkan investigasi terhadap transit oleh Ghosn setelah lari dari tahanan rumah di Tokyo.

Menurut media Turki, pesawat pribadi Ghosn tiba di bandara Atarturk pada jam 5.30 pagi waktu setempat setelah tiba dari Osaka.

Polisi perbatasan Turki tidak diberitahu tentang kehadiran Ghosn di dalam pesawat bersangkutan dan dia tidak didaftar sebagai memasuki atau keluar dari Turki.

Ghosn sekarang adalah pengungsi paling populer di Jepang setelah melarikan diri pada hari Selasa. Dia melakukannya karena dia ingin melarikan diri dari sistem peradilan Jepang yang 'kejam'. Tindakan itu menghasilkan jaminan sebesar RM32 juta yang dibayarkan sebelumnya.

Dalam perkembangan terkait, Lebanon telah menerima 'pemberitahuan merah' dari pihak Interpol untuk menahan Ghosn dan ia masih belum diserahkan kepada badan legislatif negara tersebut.

Pemberitahuan merah adalah aplikasi polisi di seluruh dunia untuk menangkap orang-orang yang belum diekstradisi, menyerah atau sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya, Libanon tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Jepang. Sebelumnya, Perancis mengatakan tidak akan mengekstradisi Ghosn jika dia memasuki negara itu.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5971 seconds (0.1#10.140)