Ini Cara Menemukan Aplikasi Palsu di Android Play Store

Selasa, 07 Januari 2020 - 08:47 WIB
Ini Cara Menemukan Aplikasi Palsu di Android Play Store
Ini Cara Menemukan Aplikasi Palsu di Android Play Store
A A A
MOUNTAIN VIEW - Mayoritas dari kita tidak mengetahui bahwa Android Play Store sepenuhnya berusaha menghalangi dan melindungi pengguna dari aplikasi palsu. Tetapi beberapa pengembang sangat pintar dalam menutupi program jahat ke dalam aplikasi yang didaftarkan ke Play Store tanpa disadari oleh Google.

Beberapa program jahat mendapat perhatian dan kemudian dihapus. Sayangnya mereka bisa kembali dengan nama aplikasi yang berbeda. Banyak aplikasi palsu menyerbu Play Store dengan meniru aplikasi populer dan sah. Pengembang aplikasi semacam itu memberi mereka nama dan ikon yang serupa.

Laman Giz China mencontohkan aplikasi Bitdefender yang menawarkan versi gratis dan berbayar. Beberapa pengembang terkenal mungkin menawarkan daftar baru di Play Store dengan nama Bitdefender Premium Plus. Mereka mencoba memikat pengguna dengan menggunakan nama yang menggoda. Jadi, jika Anda tidak sadar, pengguna dapat dengan mudah menjadi korban dan mengunduh aplikasi ini hanya untuk dibombardir dengan iklan atau lebih buruk lagi, serangan malware.

Yang memperburuk keadaan, Anda tidak hanya berakhir dengan aplikasi palsu yang menampilkan banyak iklan atau menyerang perangkat dengan malware. Setelah mengunduh aplikasi palsu, Anda membuka diri terhadap bahaya seperti pengumpulan informasi pribadi atau melacak jejak virtual.

Bagaimana Aplikasi Palsu Menembus Penjagaan Google

Beberapa pengembang aplikasi palsu begitu baik sehingga mungkin perlu waktu sebelum mereka diketahui. Misalnya, selama beberapa waktu, ada laporan tentang WhatsApp palsu di Play Store. Pengembang aplikasi palsu bahkan menyalin nama pengembang yang sah.

Satu-satunya cara untuk membedakan aplikasi palsu dan aplikasi yang sah ialah dengan melacak ruang yang tersisa di akhir nama pengembang aplikasi palsu. Pengembang lain memilih aplikasi populer dengan ikon yang kurang khas dan meluncurkannya di Play Store untuk menghindari pengguna.

Bagaimana Google Melindungi Pengguna Play Store?
Masalah aplikasi palsu yang menyelinap ke dalam Play Store telah ada selama beberapa waktu sekarang. Namun, baru-baru ini, Google telah merancang cara untuk membantu mengatasi masalah ini. Google Play Protect telah diperkenalkan sebagai sistem keamanan untuk memverifikasi semua aplikasi di Play Store.

Sistem Play Protect bekerja dengan memindai aplikasi ketika mereka memasuki Play Store. Meskipun beberapa aplikasi pintar palsu masih berhasil menembus keamanan yang ketat, Google masih berhasil menghapus lebih dari 700.000 aplikasi palsu pada tahun lalu.

Cara Menemukan dan Menghindari Aplikasi Palsu di Play Store

Seperti halnya Google menemukan cara untuk melindungi penggunanya dari aplikasi berbahaya, keamanan perangkat dan data Anda pada akhirnya ialah kuncinya. Pengguna harus memastikan bahwa cukup waspada ketika mengakses Play Store atau bahkan dunia online.

Saat Anda mencari aplikasi tertentu di Play Store, beberapa opsi akan muncul -beberapa bahkan dengan ikon yang sama. Cobalah untuk mengisolasi ketidakkonsistenan atau sesuatu yang tampaknya tidak benar. Jika aplikasi memiliki ikon serupa, fokuslah pada namanya. Anda pasti akan menemukan ketidakkonsistenan.

Bahkan dengan dua perincian ini, Anda masih dapat menemukan ketidakkonsistenan. Tentu, pengembang aplikasi palsu bakal meniru nama aplikasi dan nama pengembang, tapi detail tertentu tidak dapat mereka lewati. Pengembang aplikasi yang sah ingin penggunanya menemukan mereka dengan mudah dan menciptakan konsistensi yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna.

Misalnya, Anda tidak akan pernah menemukan WhatsApp yang sah dengan kata Pembaruan sebagai "Pembaruan WhatsApp". Contoh lain termasuk versi palsu "SwiftKey" menjadi nama "Swift Keyboard", tapi dengan ikon yang sama dan pengembang sebagai "Designer Superman" daripada Microsoft. Dengan demikian, Anda selalu dapat menemukan aplikasi palsu dengan melihat nama, ikon, atau nama pengembangnya.

Periksa Jumlah Unduhan
Langkah ini akan bekerja lebih akurat untuk aplikasi populer seperti Instagram, LinkedIn, dan aplikasi yang serupa. Aplikasi populer seperti Instagram kemungkinan besar akan memiliki lebih dari 10 juta unduhan di Play Store. Oleh karena itu, jika jumlah unduhan hanya menunjukkan seratus ribu unduhan, maka pastinya itu adalah aplikasi palsu.

Deskripsi dan Screenshot
Ini adalah cara luar biasa untuk menemukan aplikasi palsu. Pengembang aplikasi palsu tersebar dari seluruh dunia, jadi, jika Anda menggunakan aplikasi dalam bahasa Inggris, mereka cenderung menulis deskripsi dalam bahasa Inggris yang rusak. Kadang-kadang, bahkan pengembang berbahasa Inggris akan meninggalkan ketidakkonsistenan yang jelas seperti kata-kata yang tidak sesuai.

Pengembang aplikasi yang sah menjalankan aplikasi mereka untuk memastikan semuanya sempurna -bahkan komunikasi tertulis mereka. Tangkapan layar menceritakan kisah. Sebuah aplikasi palsu kemungkinan besar akan memiliki foto-foto aneh atau kata-kata aneh pada tangkapan layar -aplikasi yang sah seperti LinkedIn tidak akan pernah mengatakan yang tidak masuk akal pada gambarnya.

Baca Ulasan Pengguna
Ini mungkin cara klasik abad ke-21 untuk memeriksa keabsahan suatu produk. Sebanyak aplikasi palsu akan memberikan ulasan positif, Anda akan memiliki beberapa pengguna nyata yang memberikan testimonial mereka.

Dalam ulasannya, mereka pasti akan menyampaikan bahwa aplikasi tersebut tidak sah. Bahkan satu ulasan seperti itu harus menjadi bendera merah.

Apa yang Kita Lakukan Ketika Menemukan Aplikasi Palsu?
Hal pertama yang Anda lakukan saat menemukan aplikasi palsu tentu saja jangan menginstalnya. Tetapi Anda juga harus membuat inisiatif untuk memastikan Google melakukan sesuatu.

Selalu laporkan sehingga Google tahu itu adalah aplikasi palsu. Anda dapat melakukan ini dengan menandai itu.

Cukup buka bagian bawah halaman dan klik "Tandai Sebagai Tidak Pantas". Laporkan masalah ini secara terperinci sebagai “Copycat or Imersonation”. Jika Anda berada di halaman web, Anda akan dibawa ke halaman bantuan sehingga Anda dapat mengisi laporan terperinci.

Anda bahkan dapat mengambil inisiatif lebih lanjut dengan mem-posting informasi di platform lain seperti Facebook atau Reddit untuk menyebarkan informasi sebanyak mungkin. Sekecil apa pun itu, Anda akan berkontribusi besar untuk membantu menghentikan invasi aplikasi palsu ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9056 seconds (0.1#10.140)