alexametrics

Tips Menutup Background Foto dengan Sudut Pemotretan Rendah

loading...
Tips Menutup Background Foto dengan Sudut Pemotretan Rendah
Ada banyak tips fotografi untuk mendapatkan sensasi gambar yang indah. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
Selamat Tahun Baru 2020...! Kita berjumpa lagi di rubrik Tips Fotografi edisi pertama tahun ini. Semoga tips dan informasi sederhana yang telah dibagikan selama ini dapat membantu kita dalam mendapatkan foto-foto yang menarik dan indah untuk diabadikan.

Di edisi ini mari kita bahas salah satu tips praktis saat harus memotret di lokasi yang ramai dengan latar belakang yang mengganggu foto. Kita tentunya sering merayakan acara tertentu di restoran atau kafe yang ramai, baik acara arisan, ulang tahun teman atau keluarga, ataupun acara reunian dengan teman lama.

Terkadang di restoran atau kafe tempat berlangsungnya acara tidak terdapat area foto dengan latar belakang yang bersih sehingga kita harus berfoto dengan latar belakang pengunjung lain yang ramai.



Memotret dengan latar belakang yang ramai akan mengganggu subjek foto dan menjadikan tampilan hasil foto kita kurang indah. Untuk mengatasi kondisi ini, kita bisa memanfaatkan subjek foto untuk menutupi latar belakang dengan menggunakan sudut pemotretan yang lebih rendah/low angle.

Bandingkan contoh Foto 1 dan contoh Foto 2. Pada contoh Foto 1, terlihat keramaian pengunjung restoran lain beserta pantulan cermin dan pintu-pintu terbuka di latar belakang foto yang cukup mengganggu tampilan foto secara keseluruhan.

Dalam contoh Foto 2, kita memanfaatkan subjek foto untuk menutupi latar belakang foto yang mengganggu tersebut dengan cara menurunkan posisi kamera dan memotret dari sudut yang lebih rendah. Pastikan pengukuran cahaya/metering kamera dipusatkan pada subjek foto.

Usahakan cahaya lampu ruangan masuk dalam frame foto pada saat pengambilan gambar dengan sudut pemotretan low angle, agar kamera tidak mengompensasi pencahayaan dari lampu tersebut yang mengakibatkan subjek foto menjadi gelap. Jika pengukuran cahaya/metering pada kamera digital kita tidak bisa diatur manual, naikkan kompensasi pencahayaan/exposure compensation dari kamera supaya subjek kita tetap terlihat terang.

Gunakan bukaan lensa/aperture besar agar fokus terjaga pada subjek foto kita dan latar belakang foto yang tidak penting menjadi kabur/out of focus. Jangan gunakan sudut yang terlalu rendah karena akan menimbulkan distorsi pada tampilan subjek foto. Aturlah sehingga latar belakang yang tidak dikehendaki sudah tertutup oleh subjek foto.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak