Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

Selasa, 07 Januari 2020 - 13:00 WIB
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020
A A A
SEOUL - Sehari jelang CES 2020, LG Electronics (LG) akhirnya membuka selubung jajaran TV terbarunya yang bakal dipamerkan pada perhelatan global bagi produk elektronik konsumer inovatif di Las Vegas, Amerika Serikat ini.

Membawa pembaruan dalam desain, kualitas gambar, peningkatan performa dan kecerdasan buatan (Artificial Intteligence/AI), sejumlah 14 model OLED beserta Nano-Cell LG akan tampil dengan mengusung resolusi 8K dan 4K.

"Visi LG untuk menawarkan nilai luar biasa kepada para pelanggannya menjadi nyata tahun ini dengan jajaran baru TV yang terinspirasi seni," kata Park Hyoung-sei, Presiden LG Home Entertainment Company.
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

Pernyataan ini secara khusus merujuk pada seri baru TV LG, GX Gallery Series. Televisi berdesain mewah, sekaligus futuristik yang terintegrasi dengan ruang penempatannya, meskipun dalam keadaan tak aktif.

Nuansa bak sebuah karya seni tinggi dari TV OLED GX Gallery Series ini sangat terasa dari desain minimalis yang dibuat dalam bodi sangat tipis. Pada salah satu modelnya yang berlayar 65 inci misalnya, ketebalan hanya mencapai 20 milimeter atau setara 0,79 inci.

Berpadu dengan pegangan khusus untuk membuatnya dapat menempel pada dinding, membuat jajaran TV OLED Gallery Series ini terasa benar-benar menyatu pada dinding. Ini memberikan penampilan dramatis bak sebuah karya seni.
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

Dipenuhi berbagai teknologi, inti dari pengembangan OLED dan Nano Cell TV LG dengan resolusi 8K dan 4K terbaru ini dapat dikatakan terletak pada prosesor pintar Alpha 9 Gen 3 AI Processor. Berbasis kecerdasan buatan, prosesor ini melakukan peningkatan pada pemrosesan gambar untuk berbagai konten dengan peningkatan algo-ritma pembelajaran.

“Tipe konten dimaksud termasuk film, games dan tayangan olahraga yang biasa memerlukan penanganan khusus untuk mendapat tayangan gambar terbaik,” ujar Park Hy-oung-sei.

Sementara khusus bagi resolusi 8K yang disandang diantara jajaran TV terbarunya ini, terdapat alasan khusus bagi LG untuk menempelkan label Real 8K. Hal ini terkait dengan sertifikasi yang diberikan Consumer Technology Association (CTA) sebagai sebuah lembaga internasional yang menaruh perhatian khusus dalam teknologi perangkat elektronik consumer.
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

“Sertifikat ini diperoleh setelah TV LG dengan resolusi 8K memenuhi syarat ketat untuk definisi 8K Ultra HD TV yang ditetapkan CTA yang sekaligus membuatnya berhak menyandang logo 8K Ultra HD dari lembaga CTA,” tuturnya.

Pada bagian NanoCell TV, ungkap Park Hyoung-sei, lini TV LED premium LG pada 2020 akan dipimpin enam TV dengan resolusi 8K. Membawa dua pilihan bentang layar yaitu 75 inci dan 65 inci, keenamnya terbagi dalam tiga model yaitu Nano99, Nano97, dan Nano95.

Lebih detail mengenai fitur inovatif yang terdapat dalam jajaran TV LG tahun 2020, Park Hyoung-sei mengatakan, pengembangannya menaruh perhatian khusus pada tiga jenis konten yang memerlukan penanganan khusus terkait dengan karakteristiknya. Ketiga jenis konten dimaksud yaitu film, olahraga, dan gaming.

Untuk penanganan konten film, karakteristik OLED yang mampu menayangkan warna hitam absolut mendapat dukungan Dolby Vision IQ dan Filmmaker Mode™ dari UHD Alliance. Adopsi Dolby Vision IQ melengkapi dua teknologi Dolby yang sebelumnya telah ada, Dolby Vision dan Dolby Atmos, untuk memberikan kualitas gambar op-timal dengan kemampuan menyesuaikan pencahayaan sekitar dan genre konten.
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

Sementara Filmmaker Mode™, yang penciptaannya didukung para pembuat film terkenal di Hollywood, bekerja memastikan pewarnaan dan frame rate pada tingkat optimal untuk membuat tayangan sesuai dengan visi para pembuat film. Untuk kebisaannya dalam menangani konten film ini, LG OLED TV bahkan mendapat pengakuan berupa Excellence in Engineering Award dari Hollywood Professional Association.

Dukungan bagi pengguna untuk menikmati berbagai sajian film terbaik pun didapat dari platform smart TV LG, webOS, yang dilengkapi berbagai penyedia layanan video global. Termasuk didalamnya yaitu Disney+, Netflix dan CBS All Access.Tak hanya itu, kompatibilitas dengan Apple TV app akan membuat konsumen dapat berlangganan dan menyaksikan tayangan dari kanal Apple TV+ dan mengakses pustaka video dari iTunes.

Di sisi lain, lanjut diam kompatibilitas NVIDIA G-SYNC® Compatibility dalam koleksi 12 OLED terbaru LG membuatnya tak hanya menjadi yang pertama memilikinya. Namun pula mengubahnya sebagai TV ideal untuk kebutuhan gaming. Pemain game PC yang serius akan mendapatkan pengalaman gaming pada layar besar dengan pergerakan gambar halus tanpa distorsi berupa gambar tersendat atau pecah.

Semakin menguatkan kedigdayaan pada kebutuhan gam-ing, LG melengkapi OLED TV tahun 2020 ini dengan HDR Gaming Interest Group (HGiG) Mode. Kelengkapan yang menghadirkan kualitas visual tinggi saat memainkan game HDR melalui konsol ini menjadi yang pertama diterapkan pada sebuah TV.
Belasan TV OLED dan NanoCell Terbaru LG Padati CES 2020

Kenyamanan memainkan game pun dihadirkan LG OLED TV melalui sertifikasi Eye Comfort Display yang didapatnya dari laboratorium uji internasional TÜV Rheinland. “Sertifikat ini didapat dari kemampuan TV OLED LG dalam menyesuaikan tingkat blue light, flicker-free, dan dapat menyajikan kualitas gambar terbaik dari berbagai sudut. Layar TV OLED LG memenuhi kriteria uji dari TÜV, termasuk keluasan spektrum warna dan HDR,” katanya.

Buat para penikmat tayangan olahraga pun, LG OLED TV memberikan tawaran menggiurkan dengan response time 120Hz. Fitur Sport Alert disematkan untuk membantu penggunanya tetap mendapatkan informasi terkini terkait tim favoritnya. Termasuk didalamnya informasi mengenai jadwal pertandingan dan perolehan skor. Setelah pengguna memilih tim favorit dari berbagai cabang olahraga seperti sepakbola dan lainnya, TV akan memberikan informasi paling kini pada saat pertandingan dimulai, pada saat tim mencetak angka hingga saat pertandingan berakhir.

Penikmat tayangan olahraga akan pula mendapat kenya-manan dengan peningkatan di sektor audio. Melalui kompatibilitas keterhubungan TV dengan penguat suara Bluetooth, pengguna akan mendapat bentang suara lebih dinamis.

“Selain kualitas gambar tinggi, berbagai penambahan inovasi baru ini juga datang dengan teknologi canggih yang mengikutsertakan integrasi AI dan desain futuristik,” ujar Park Hyoung-sei lagi.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8913 seconds (0.1#10.140)