SpaceX Kembali Meluncurkan Satelit Starlink di Awal Tahun Ini

Selasa, 07 Januari 2020 - 21:02 WIB
SpaceX Kembali Meluncurkan Satelit Starlink di Awal Tahun Ini
SpaceX Kembali Meluncurkan Satelit Starlink di Awal Tahun Ini
A A A
CAPE CANAVERAL - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, SpaceX, mengawali awal tahun 2020 dengan mengirimkan satelit Starlink batch ketiga. Peluncuran yang dilakukan menggunakan Falcon 9, pada Senin (6/1/2020) kemarin, membawa 60 satelit pemancar internet.

Semua satelit itu dirancang agar berada di orbit dekat dari Bumi, dengan jarak sekitar 290 kilometer, kemudian mendorong dirinya sendiri hingga orbit operasional yang berjarak 500 kilometer dari Bumi.

Satelit ini berfungsi untuk memancarkan internet berkecepatan tinggi ke seluruh dunia. Namun, komunitas astronomi khawatir dengan keberadaannya.

Mengutip dari CNet, Selasa (7/1/2020), menurut para ilmuwan dan peneliti, cahaya dari pesawat luar angkasa berukuran kecil dapat mengganggu kemampuan mereka dalam mengamati kosmos.

Untuk menjawab permasalah tersebut, SpaceX menyematkan satu satelit dengan sistem darkening treatment, yang berguna untuk mengurangi kecerahan pesawat.

Selain itu, perusahaan juga berencana menangkap setengah fairing, sebuah lembaran berbentuk kubah yang melindungi muatan, di jaring raksasa di atas kapal Ms. Tree sekitar 45 menit setelah peluncuran. Selama live streaming saat peluncuran, SpaceX mengkonfirmasi fairing tidak lagi tertangkap.

Falcon 9 merupakan roket yang berhasil melakukan tiga misi dari SpaceX, termasuk drop-off Starlink pertama pada Mei 2019. Pendaratan keempatnya dilakukan pada dronshipe Of Course I Still Love You, yang berhasil tiba selama delapan menit 23 detik setelah diluncurkan.

Selanjutnya, SpaceX berencana menggunakan Falcon 9 untuk membawa misi Commercial Crew Program. Sebab, SpaceX berambisi dapat membawa astronaut ke stasiun luar angkasa internasional (ISS).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1017 seconds (0.1#10.140)