Gawat! Air di Planer Mars Tiba-Tiba Hilang

Senin, 13 Januari 2020 - 00:02 WIB
Gawat! Air di Planer Mars Tiba-Tiba Hilang
Gawat! Air di Planer Mars Tiba-Tiba Hilang
A A A
NEW YORK - Air di planet Mars dikabarkan tiba-tiba saja lenyap. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan besar bagi semua ilmuwan. Mengingat planet Mars juga memiliki beberapa sumber air.

Seperti dilansir dari Mirror, Air di planet Mars bahkan berupa hamparan laut dan danau. Bahkan ada beberapa sungai di planet Mars. Inilah yang menjadi bukti bahwa ada tanda kehidupan di planet Mars. Namun fakta ini didapat sekitar miliaran tahun yang lalu.

Namun air tersebut pun tiba-tiba menghilang. Hilangnya molekul itu akhirnya diteliti oleh para ilmuwan.

Para ilmuwan tentunya mencari tahu apakah penyebab hilangnya molekul air tersebut. Hingga bagaimana proses hilangnya molekul air yang ada di planet Mars.
Hilangnya Air di Planet Mars

Hilangnya molekul air ini tentunya sangat membuat penasaran. Apalagi dulunya Mars merupakan planet yang kaya akan molekul air. Proses hilangnya molekul air ini bisa dikatakan lebih cepat dari perkiraan.

Bahkan hilangnya molekul ini juga terjadi secara bertahap. Mulai dari faktor sinar matahari yang dapat mengubah molekul air. Molekul air tersebut nantinya akan berubah menjadi atom hidrogen dan oksigen.

Tidak hanya itu saja, apabila terjadi badai maka sumber air juga akan hilang. Kemudian planet Mars akan menjadi kering dan gersang.

Penyebab lain hilangnya air di planet Mars adalah gaya gravitasi yang lebih rendah dari Bumi. Hal ini membuat planet Mars tidak bisa menahan air yang ada.

Namun para ilmuwan masih tetap melakukan penelitian terkait dengan molekul yang ada di planet Mars. Karena belum dapat dipastikan bahwa air tersebut hilang menguap atau yang lainnya.

Hilangnya air ini memang cukup mengejutkan. Hal ini dikarenakan Mars memang dikenal sebagai planet gersang dan kering.

Namun molekul air seharusnya masih ada meskipun terserap ke inti planet. Namun kini hanya tertinggal sisa sumber air tersebut.

Meskipun sampai saat ini masih ditemukan adanya lapisan es yang membeku di permukaan Mars. Namun hal itu belum menunjukkan bagaimana proses hilangnya air di planet tersebut.

Salah satu faktor yang paling kuat sebagai penyebabnya adalah air yang menguap. Uap air yang lari ke atmosfer ini bisa disebabkan oleh iklim panas di planet Mars.

Air di planet Mars akhirnya menguap ke atmosfer. Sehingga molekulnya hilang begitu saja. Meskipun masih meninggalkan sisa.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9379 seconds (0.1#10.140)