alexametrics

Setelah Ponsel Layar Lipat, Kini Bermunculan Foldable Notebook

loading...
Setelah Ponsel Layar Lipat, Kini Bermunculan Foldable Notebook
Tren layar lipat di industri seluler mulai merambah industri notebook. Foto/Ist
A+ A-
LAS VEGAS - CES telah menjadi platform hebat bagi perusahaan teknologi untuk memamerkan konsep serta produk jadinya sejak tahun 1960-an. Untuk edisi 2020 yang baru saja selesai beberapa hari lalu, acara dipenuhi dengan beberapa produk menarik.

Ada telepon, laptop atau notebook, smartwatch (jam tangan pintar), kecerdasan buatan (AI), produk IoT, dan masih banyak lagi. Tapi tulisan kali ini akan fokus berbicara mengenai beberapa notebook terbaik yang baru saja diumumkan di CES 2020.

Kenapa fokus terhadap notebook ini? Laman Giz China mengutarakan, di tengah menguatnya tren ponsel layar lipat, kini mulai bermunculan notebook dengan tampilan atau layar bisa dilipat (foldable notebook). Tampaknya produsen notebook sudah ketularan virus industri smartphone.



Notebook Lipat Lenovo ThinkPad X1
Setelah Ponsel Layar Lipat, Kini Bermunculan Foldable Notebook

Satu laptop yang bisa membuat semua orang memalingkan perhatian semua di gelaran CES, kemarin, adalah Lenovo ThinkPad X1 Fold. Seperti namanya, ini adalah laptop lipat yang menjalankan Windows 10 dengan harapan ada pembaruan untuk Windows 10X.

Notebook dirancang untuk menjadi laptop lipat dan layar ganda dengan target diluncurkan akhir tahun ini. Mesin dari perangkat memiliki lapisan kulit luar dan layar OLED 13 inci yang dapat dilipat di dalamnya.

Karena faktor bentuknya yang unik, tablet ini dapat digunakan sebagai tablet besar tanpa rasa tidak nyaman dari keyboard pada convertible, serta laptop normal dengan aksesori keyboard yang terpasang secara magnetis pada bagian bawah layar. Selain itu, Lenovo ThinkPad X1 juga mendukung jaringan 5G, berkat kehadiran modem Qualcomm Snapdragon X55.

Mengingat teknologinya yang rumit, peminatnya diminta menyiapkan kocek hingga Rp34 juta untuk bisa merasakan sensasinya. Kabarnya notebook mempunyai penyimpanan bawaan 1TB dan RAM 8 GB.

Kapan dirilis? Sejauh ini belum ada sinyal kapan Lenovo akan meluncurkan Lenovo ThinkPad X1. Ada rumor menyebut notebook dilepas pada pertengahan 2020.

ASUS Zephyrus G14

Setelah Ponsel Layar Lipat, Kini Bermunculan Foldable Notebook

Notebook ini menjadi laptop pertama yang ditenagai oleh AMD Ryzen 4000 seri APU. Untuk lebih jelas, fitur Ryzen 7 4800HS merupakan chipset binned eksklusif ASUS yang mampu menawarkan kinerja 45W dalam cetakan 35W. Layarnya FHD seluas 14 inci dengan refresh rate 120Hz dan memiliki layar LED dot-matrix opsional pada tutupnya sehingga mampu menampilkan GIF, waktu, visualisator musik, dan banyak lagi di pembaruan masa depan. Ada juga varian laptop dengan panel QHD, tapi hanya menggunakan refresh rate 60Hz.
ASUS Zephyrus G14 mengadopsi fitur NVIDIA RTX 2060 GPU yang dilengkapi dengan RAM 32 GB dan 1TB penyimpanan SSD. Semuanya menjadikan laptop gaming 14 inci ini paling kuat hingga saat ini. Menurut ASUS, Zephrus G14 akan memberikan daya tahan baterai hingga 10,5 jam dan akan tersedia mulai pertengahan Maret.

Chromebook Samsung Galaxy
Samsung Galaxy Chromebook bisa dibilang Chromebook premium terbaik yang pernah diluncurkan sejak Google Pixelbook. Notebook mengemas tampilan 13,3 inci 4K AMOLED dan prosesor Intel Core i5 ke-10 yang dipasangkan dengan RAM 16 GB, plus penyimpanan 1TB.

Laptop ini terbuat dari aluminium dengan desain dari Galaxy Book Flex dan Ion. Ini juga dibundel dengan stylus S-Pen, lengkap dengan slot untuk meletakkannya.

Satu-satunya kelemahan laptop ini adalah rasio aspek layar 16:9 yang dianggap tidak ideal untuk produktivitas. Untuk harga awal, notebook itu dibanderol Rp12,3 juta.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak