alexametrics

BelugaXL Resmi Mendarat di Markas Airbus Wales

loading...
BelugaXL Resmi Mendarat di Markas Airbus Wales
Pesawat BelugaXL mendarat berhasil mendarat di Airbus Broughton di Wales utara Rabu (15/1/2020). FOTO/ Daily
A+ A-
BROUGHTON - Pesawat BelugaXL mendarat berhasil mendarat di Airbus Broughton di Wales utara Rabu (15/1/2020) waktu setempat.

Penerbangan perdananya ini merupakan bagian dari uji coba selama 12 bulan lebih untuk memastikan pesawat ini layan untuk mengangkut penumpang atau tidak. Dilansir laman dari Dailt, pesawat raksasa ini akan menggantikan armada Beluga ST yang sudah ada.

Pesawat ini memiliki uuran 20 kaki atau 6 meter lebih panjang dan mampu membawa matan 50 on atau enam ton lebih berat dibanding versi sebelumnya.



Beluga XL diperbolehkan terbang setelah menjalani uji terbang selama 600 jam. Pesawat itu akan terbang dari pabrik Airbus di Toulouse, Hamburg, dan Tianjin. Uji coba tersebut telah dilaksanakan selama beberapa bulan. Beluga XL pertama kali menjalani penerbangan pada Juli 2018.

Beluga XL juga dikenal sebagai pesawat paling unik, impresif, dan menakjubkan. Pesawat tersebut juga merupakan pengecualian karena dari hidung dan badan pesawatnya. Itu menunjukkan pesawat berbadan besar yang unik. Itu bisa berkompetisi dengan pesawat produksi Embraer yang mirip dengan hiu.

Bukan hanya faktor unik, tetapi itu juga merupakan pesawat yang besar. Kamu tidak bisa terbang dengan Beluga XL. Itu disebabkan Beluga XL adalah pesawat kargo pesawat dan bukan pesawat penumpang. Bentuk pesawat yang unik itu mirip dengan paus beluga. Mamalia laut itu biasa hidup di Artik. Kini hanya ada satu dari enam pesawat yang dalam proses produksi Airbus.

Sebesar 40% dari 20.000 orang dalam jajak pendapat mengungkapkan mereka menyukai pesawat dengan desain wajah yang sedikit tersenyum dan desain yang unik. Beluga XL akan memulai layanan terbang pada tahun ini setelah menjalani 600 jam uji terbang. Pesawat itu dilengkapi dengan dua mesin Rolls-Royce Trent 700. Lima pesawat lainnya akan diproduksi pada 2019 hingga 2023.

Pesawat itu mampu terbang 2.500 mil setiap kali perjalanan dan beroperasi di 11 destinasi. Beluga XL merupakan pengganti Beluga atau Airbus A300-600ST, yang telah beroperasi sejak 1995. Dimulai dari pesawat A330, teknisi Airbus menurunkan dek penerbangan dan menyusun pesawat kargo untuk menciptakan pesawat dengan bentuk yang tidak lazim.

Dengan adanya “gelembung” di bagian depan pesawat, itu akan memudahkan pesawat yang diangkut untuk keluar dan masuk. Beluga XL lebih panjang 6 meter dan lebih lebar 1 meter dibandingkan model sebelumnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak