Berseteru karena Pungutan, Apple Hapus Fortnite dan Tangguhkan Epic Games

Senin, 31 Agustus 2020 - 20:00 WIB
loading...
Berseteru karena Pungutan, Apple Hapus Fortnite dan Tangguhkan Epic Games
Ilustrasi game. FOTO/ ist
A A A
LONDON - Ketegangan terjadi antara Epic Games dengan Apple. Perusahaan berlogo buah apel itu pun menangguhkan akun Epic Games dari App Store.(Baca juga: Tim Fordzilla Ubah Ford GT Jadi Hypercar Concept )

Imbas dari penangguhan itu, semua game buatan Epic Games hilang dari App Store. Pencarian kata “Epic Games” di App Store juga sudah tak dapat ditemukan, termasuk game unggulan dari Epic, Fortnite.(Baca juga: Pesepeda di Sudirman-MH Thamrin Diimbau Berpencar ke 10 Lokasi Kawasan Khusus Pesepeda )

"Dengan berat hati kami harus membatasi akun Epic Games di App Store," tulis Apple dalam keterangan resminya, dikutip dari MarketWatch.

Langkah Apple ini sejalan dengan keputusan pengadilan yang mengizinkan Apple tetap memblokir Fortnite dari App Store.

Namun, Apple dilarang mencabut akun developer Epic yang digunakan untuk Unreal Engine, mesin pengembang game yang banyak dipakai developer lain.

Masalah biaya 30% yang dipungut Apple menjadi biang keladi konflik antara Epic Games dan Apple. Epic berniat menggelar sistem pembayaran di Fortnite secara langsung.

Jadi, pembayaran yang dilakukan kepada Epic Games tidak melalui sistem App Store, sehingga tak perlu membayar pungutan Apple.

Pihak Apple kemudian bereaksi dengan menangguhkan akun Epic Games dari App Store dan menghilangkan game hasil kembangannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)