alexametrics

Hal yang Wajib Anda Tahu tentang Pemulihan Data dari SD Card

loading...
Hal yang Wajib Anda Tahu tentang Pemulihan Data dari SD Card
SD card rentan terhadap korupsi. Kartu SD Anda bisa tiba-tiba berhenti bekerja tanpa peringatan apa pun kepada penggunanya. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Secure Digital, disingkat SD, card ialah kartu memori kecil untuk digunakan dalam perangkat digital portabel, seperti kamera digital, kamera GoPro, handphone, dan pemutar MP3. SD card memiliki tiga ukuran yang berbeda, masing-masing kartu SD standar, kartu miniSD, dan kartu microSD.

Dengan popularitas media sosial, orang mengambil dan berbagi gambar dan video secara keseluruhan jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Dan kebanyakan dari mereka akan disimpan pada SD card untuk diedit atau ditransfer kemudian ke platform lain.

Sayangnya SD card rentan terhadap "korupsi". Kartu SD Anda bisa tiba-tiba berhenti bekerja tanpa peringatan apa pun kepada penggunanya.



Lalu, banyak pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita. Apakah mungkin menyimpan foto dan video saya aman di SD card? Jika korup, bagaimana cara memulihkannya? Bagaimana cara membuat kartu SD bisa digunakan lagi?

Nah posting-an informasi yang disampaikan GSM Arena ini akan memandu Anda melalui hal-hal yang harus diketahui tentang pemulihan data SD card. Bukan hanya itu, tapi juga ikut menyelesaikan semua masalah kartu memori tersebut.Apa yang Harus Dilakukan dan Tak Dilakukan Sebelum Pemulihan DataKiat untuk pemulihan data yang terhapus atau hilang sangatlah penting. Informasi tersebut dapat membantu Anda memaksimalkan jumlah file yang dapat dipulihkan.

Selain itu, kiat-kiat ini juga dapat menghemat waktu atau bahkan uang Anda untuk pemulihan data. Kiat itu adalah:Hentikan segera penggunaan kartu SD
Jika Anda mengetahui ada file yang hilang pada kartu SD, jangan terus menggunakannya untuk menyimpan lebih banyak data. Misalnya, jangan mengembalikan kartu SD ke kamera digital Anda dan mengambil foto. Operasi penulisan mungkin menimpa file asli, menghasilkan file yang rusak, dan tidak dapat dipulihkan.

Cari tahu apakah komputer dapat mendeteksi kartu SDPergi ke Manajemen Disk pada Windows atau Disk Utility pada Mac untuk melihat apakah Anda dapat menemukan kartu SD di daftar disk. Jika tidak, sangat mungkin kartu SD rusak secara fisik dan melampaui pemulihan data yang dapat Anda lakukan.

Periksa koneksi antara kartu SD dan komputerJika Anda memasukkan SD card ke komputer melalui slot kartu SD, coba gunakan pembaca kartu SD yang andal untuk menghubungkan kembali ke komputer. Sementara itu, jika Anda menghubungkan kartu SD ke komputer melalui pembaca kartu, ubah juga ke pembaca kartu lain. Koneksi yang buruk atau tidak stabil dapat menyebabkan kartu SD tidak berfungsi.

Jalankan Pertolongan Pertama untuk memperbaiki kartu SDPertolongan pertama Mac dalam Utilitas Disk dapat memeriksa dan memperbaiki disk yang sedikit rusak. Dalam beberapa kasus, Anda akan beruntung bahwa kartu SD dapat diperbaiki dan semua data aman.

Jika foto dan video Anda masih tidak dapat diakses setelah semua kegiatan di atas, Anda akan memerlukan alat pemulihan data kartu SD profesional untuk menyelesaikan tugas pemulihan data.

Cara Memulihkan Foto dan Video yang Hilang dari SD Card
Perangkat lunak pemulihan data memiliki algoritma untuk memindai sektor disk per sektor dan membangun kembali MBR, tabel partisi, direktori root, direktori file, dan konten file untuk Anda. Secara teknis, kerusakan pada informasi yang disebutkan di atas tidak akan merusak konten file yang sebenarnya, karena mereka disimpan pada bagian fisik yang berbeda pada kartu SD.

Selama foto dan video yang hilang utuh pada kartu SD, perangkat lunak dapat mengembalikannya dengan sukses. Namun, jika mereka ditimpa atau rusak karena bad sector, tidak mungkin untuk mendapatkannya kembali.

Langkah sederhana untuk memulihkan foto dan video yang hilang dari kartu SD dengan perangkat lunak pemulihan data:
Langkah 1: Unduh, instal, dan luncurkan Pemulihan Data iBoysoft secara gratis.
Perangkat lunak pemulihan data dari iBoysoft memiliki versi Windows dan versi Mac. Dalam posting tersebut, iBoysoft Data Recovery for Mac diinstal. Ini adalah program yang ringan dan memiliki proses instalasi yang mudah.

Langkah 2: Pasang kartu SD ke komputer Mac dan pilih dari daftar drive.
Perangkat lunak akan mendeteksi kartu SD dengan cepat. Anda dapat melihat nama, partisi, sistem file, dan ruang kosong di daftar drive di antarmuka perangkat lunak yang sederhana.

Langkah 3: Periksa "Pemindaian mendalam" dan klik tombol "Pindai".
Hal yang Wajib Anda Tahu tentang Pemulihan Data dari SD Card

Untuk memulihkan data yang hilang, Anda disarankan untuk menggunakan fitur pemindaian mendalam dari aplikasi pemulihan data. Itu dapat menemukan sebagian besar file pada kartu SD.

Selain itu, karena biasanya SD card memiliki kapasitas penyimpanan yang relatif kecil, pemindaian yang dalam tidak akan memakan banyak waktu untuk diselesaikan dibandingkan memindai hard drive.

Langkah 4: Saring hasil pemindaian dan pratinjau foto dan video.
Hasil pemindaian akan dikategorikan dalam Jalur, Jenis dan Waktu di panel kiri. Anda juga dapat mencari foto atau video tertentu di kotak pencarian. Dengan mengklik tombol "Pratinjau", perangkat lunak akan memprovokasi aplikasi bawaan atau pra-instal agar Anda dapat melihat foto dan video dengan mudah.

Langkah 5: Pilih file yang diinginkan dan klik tombol "Sembuh".
Hal yang Wajib Anda Tahu tentang Pemulihan Data dari SD Card
Perangkat lunak akan meminta Anda memilih disk untuk menyimpan foto dan video yang dipulihkan. Jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di Mac, Anda dapat memilih Mac sebagai jalur penyimpanan. Jika tidak, pasang disk lain yang dapat dipindahkan. Jangan menyimpan foto dan video yang dipulihkan ke kartu SD yang rusak.
Cara Membuat SD Card Bisa Digunakan Kembali
Setelah Anda yakin bahwa semua foto penting, video atau file lain telah diambil dari SD card, lanjutkan ke Disk Utility untuk menghapus SD card. Saat Anda menghapus kartu SD, pilih FAT atau ExFAT sebagai format. FAT atau ExFAT merupakan sistem file universal, sehingga tidak akan menimbulkan masalah ketidakcocokan di berbagai sistem operasi atau perangkat digital.

Mencegah SD Card dari Kerusakan?
Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kartu SD dan data di dalamnya. Beberapa dari langkah tersebut mungkin sudah Anda kenal:
- Keluarkan kartu SD dengan aman dari komputer.
- Memformat kartu SD pada komputer dan bukan pada perangkat digital seperti kamera.
- Cadangkan foto dan video sering di disk lain atau di penyimpanan cloud
- Jangan biarkan kartu SD tersambung ke komputer selama proses reboot.
- Jangan membengkokkan, menggaruk, membasahi, atau membakar kartu SD.
- Jangan menggunakan kartu SD yang sama di beberapa perangkat.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak