Untar Perkuat Mental Mahasiswa Penggiat Startup dengan Jiwa Bos

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:58 WIB
Untar Perkuat Mental Mahasiswa Penggiat Startup dengan Jiwa Bos
Untar Perkuat Mental Mahasiswa Penggiat Startup dengan Jiwa Bos
A A A
JAKARTA - Saat ini, perkembangan startup dan teknologi di dunia sangatlah pesat. Indonesia memiliki lebih dari 2,000 startup, dan menduduki peringkat 5 besar negara dengan startup terbanyak. Sayangnya dari sekian banyak perusahaan rintisan yang ada, hanya di bawah 10% yang berhasil berkembang dan menjadi sukses.

Hal ini membuktikan bahwa membangun startup tidak semata-mata membutuhkan modal untung-untungan. Tetapi juga perlu mental baja yang sudah terlatih pada saat masih kuliah agar dapat menghadapi situasi sulit sebagai entrepreneur.

“Universitas Tarumanegara (Untar) menjadi salah satu universitas yang berkomitmen tinggi yang turut berpartisipasi dalam membangun jiwa entrepreneur pada anak didiknya,” kata Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan ketika ditemui di kampus Untar di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Salah satu cara Untar melaksanakan komitmennya yakni dengan mengadakan Entrepreneur Week. Ini sebuah event yang membantu mahasiswa membangun mental kuat untuk bersiap-siap menghadapi persaingan ketat di era digital yang berkembang pesat ini. "Event ini merupakan aksi nyata kami untuk terus menghasilkan calon-calon entrepreneur Indonesia," imbuhnya.

Acara ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk berkreasi, merancang ide, dan kemudian melaksanakannya. Para mahasiswa akan membuat sebuah bisnis, dimulai dari merancang ide, menyusun planning bisnis, sampai dengan memasarkannya secara real. Dengan begitu, mahasiswa tidak akan kaget lagi ketika mereka lulus dari Untar dan membangun bisnisnya sendiri.

Tahun ini, lanjut dia, kampusnya membuka pendaftaran secara online. Tujuannya untuk mempermudah para calon mahasiswa di pelosok Tanah Air untuk mendaftar.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9519 seconds (0.1#10.140)