alexametrics

Perusahaan di Indonesia Didorong untuk Bertransformasi Digital

loading...
Perusahaan di Indonesia Didorong untuk Bertransformasi Digital
Tampak salah satu kegiatan pada diskusi 'Financial & Digital Technology untuk Daya Saing Bisnis' di Jakarta. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Di tengah semakin majunya teknologi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendorong perusahaan di Tanah Air untuk melakukan transformasi digital yang searah dengan Revolusi Industri 4.0.

Transformasi dibutuhkan guna meningkatkan daya saing bisnis di tengah pesatnya perkembangan teknologi. "Telkom tidak hanya mendigitalisasi perusahaannya sendiri dan grup, tapi juga membantu mendigitalisasi perusahaan-perusahaan di Indonesia," ucap Direktur Digital Bisnis PT Telkom Faizal Rochmad Djoemadi pada diskusi 'Financial & Digital Technology untuk Daya Saing Bisnis' di Jakarta.

Dikatakannya, tranformasi digital akan mengotomitasi internal perusahaan sehingga lebih efisien dan efektif. Dampaknya, akan meningkatkan daya saing usaha agar bisa bisa berkiprah tidak hanya di level nasional atau regional, tapi juga global. "Untuk bertranformasi, jangan hanya berpikir untuk 280 juta penduduk Indonesia, berpikirlah jauh untuk 7 miliar penduduk dunia," sebut Faizal.



Menurut dia, transformasi digital perusahaan penting untuk mengakomodir perilaku konsumen yang cenderung ingin cepat, sederhana, aman, dan termanajemen dengan baik. Hal ini sejalan dengan penetrasi internet masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi.

Upaya transformasi itu antara lain dengan digitalisasi bisnis pelanggan dari front-end hingga back-end. Tujuannya, agar tercipta digital experience yang menyeluruh yang selanjutnya dapat dikelola big data-nya menjadi analisis yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk mengembangkan bisnis. "Perusahaan perlu mengenali konsumen dengan baik, dan dapat menemukan hambatan," katanya.

Sementara itu, Chairman Strategic Manajemen & Digital Innovation Institute, Imanda Laksanawan mengatakan, Telkom telah banyak melakukan transformasi digital. Ini membuat perusahaannya tidak hanya berkiprah di level regional, tapi juga global.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak