alexametrics

Pusat Krisis AS Rilis Panduan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

loading...
Pusat Krisis AS Rilis Panduan Pencegahan Penyebaran Virus Corona
CDC AS rilis prosedur pencegahan penyebaran virus corona di Amerikas Serikat. Foto/ist
A+ A-
WASHINGTON - Wabah pneumonia corona baru berpotensi mempengaruhi ratusan juta orang. Untuk itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) untuk pencegahan dan pengendalian coronavirus baru (versi China) merilis pedoman sementara untuk mengantisipasinya.

Mereka fokus pada pengembangan dan penerapan pencegahan dan pengendalian penyakit. Termasuk, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, promosi kesehatan, pencegahan dan kegiatan pendidikan.

Panduan sementara ini didasarkan pada informasi yang diketahui saat ini tentang penyebaran infeksi pernapasan dengan coronavirus baru 2019 (2019-nCoV) dan virus lainnya. CDC akan memperbarui panduan sementara tersebut sesuai kebutuhan dan seiring semakin banyaknya informasi yang tersedia.



Dilansir dari Giz China, Coronavirus adalah kelompok besar virus, beberapa di antaranya menyebabkan penyakit pada manusia. Sementara yang lain menyebar di antara hewan, termasuk unta, kucing, dan kelelawar.Dalam kasus yang jarang terjadi, virus korona hewan dapat berevolusi dan menginfeksi manusia dan kemudian menyebar di antara manusia. Seperti yang terlihat pada Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS).
Kemungkinan penularan dari orang ke orang pada virus ini tidak jelas. Namun pedoman sementara berikut dapat membantu mencegah penyebaran virus di keluarga dan komunitas.

Panduan sementara ini berlaku untuk situasi berikut:
- Pasien telah didiagnosis dengan infeksi 2019-nCoV tetapi tidak memerlukan rawat inap dan dapat dirawat di rumah.
- Pasien menjalani penilaian infeksi 2019-nCoV oleh staf medis yang tidak memerlukan rawat inap dan dapat dirawat di rumah.
- Pengasuh dan anggota keluarga pasien yang telah didiagnosis atau sedang dinilai untuk infeksi 2019-nCoV.
- Orang lain yang memiliki kontak dekat dengan pasien yang telah didiagnosis dengan infeksi 2019-nCoV atau sedang dinilai untuk infeksi 2019-nCoV.

Langkah Pencegahan untuk Pasien yang Telah didiagnosis infeksi 2019-nCoV
Dokter dan staf kesehatan masyarakat Anda akan menilai apakah kasus Anda dapat dirawat di rumah. Jika ditentukan dapat diisolasi di rumah, pasien akan dipantau oleh staf di departemen kesehatan setempat atau negara bagian.

Anda harus mengikuti tindakan pencegahan ini sampai penyedia layanan kesehatan atau departemen kesehatan setempat atau negara bagian memberi tahu bahwa Anda dapat melanjutkan aktivitas normal.

Selain memberikan perawatan medis, Anda harus membatasi perjalanan. Jangan pergi bekerja, sekolah, atau tempat-tempat umum, dan jangan menggunakan transportasi umum atau taksi.

Isolasi Diri Anda dari Orang Lain di Rumah
Anda harus tinggal di ruangan yang berbeda dari anggota keluarga lainnya. Selain itu, pasien harus menggunakan toilet terpisah, jika tersedia.

Hubungi Dokter Sebelum Pergi ke Klinik

Sebelum Anda membuat janji, hubungi staf medis dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki infeksi 2019-nCoV atau sedang menjalani penilaian infeksi 2019-nCoV. Ini akan membantu klinik staf medis mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi.

Pakai Masker
Anda harus mengenakan masker saat berada di ruangan yang sama dengan orang lain, dan ketika mengunjungi staf medis. Jika Anda tidak bisa mengenakan topeng, seseorang yang tinggal bersama Anda harus mengenakan topeng saat berada di ruangan yang sama dengan Anda.

Meliputi Batuk dan Bersin
Tutupi mulut dan hidung dengan tisu saat Anda batuk atau bersin, atau tutup dengan lengan baju saat batuk atau bersin. Lempar handuk kertas bekas ke dalam tong sampah plastik dan segera cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Cuci Tangan
Cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air sesering mungkin selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak kotor secara signifikan, Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

Hindari Berbagi Barang Rumah Tangga
Anda tidak boleh berbagi piring, gelas minum, gelas, alat makan, handuk, tempat tidur atau barang-barang lainnya dengan orang lain di rumah tangga. Setelah menggunakan barang-barang ini, cuci dengan sabun dan air.

Pantau Gejalanya
Jika kondisi memburuk (seperti kesulitan bernapas), segera dapatkan bantuan medis. Sebelum Anda membuat janji, hubungi staf medis dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki infeksi 2019-nCoV atau sedang menjalani penilaian infeksi 2019-nCoV. Ini akan membantu klinik staf medis mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi. Minta staf medis Anda untuk menghubungi departemen kesehatan setempat atau negara bagian Anda.

Tindakan Pencegahan untuk Kontak Dekat

Jika Anda memiliki kontak dekat dengan pasien yang telah didiagnosis dengan infeksi 2019-nCoV atau sedang dinilai untuk infeksi 2019-nCoV, Anda harus:
- Pantau kesehatan Anda sejak hari pertama melakukan kontak dekat dengan pasien dan terus memantau kesehatan selama 14 hari setelah kontak dekat terakhir.
- Perhatikan tanda dan gejala ini:
Demam. Ukur suhu Anda dua kali sehari.
Batuk.
Napas pendek atau sulit bernapas.
Gejala awal lainnya termasuk menggigil, sakit fisik, sakit tenggorokan, sakit kepala, diare, mual/muntah, dan pilek.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak