Tak Hanya Ali Mohamed Zaki, Pejuang Virus Ebola 'Teresa' Ikut Mencuat

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:09 WIB
Tak Hanya Ali Mohamed Zaki, Pejuang Virus Ebola Teresa Ikut Mencuat
Tak Hanya Ali Mohamed Zaki, Pejuang Virus Ebola 'Teresa' Ikut Mencuat
A A A
MADRID - Usai nama Ali Mohamed Zaki ilmuan yang berhasil membasmi Virus Corona saat melanda Arab Saudi pada tahun 2012 lalu, Kini perawat pasien Ebola dan akhirmnya menjadi korban Teresa Romero membuat peringatan tentang risiko penularan virus corona.

Seorang perawatan kesehatan yang berjuang merawat pasien-pasien infeksi Ebola mengatakan dia banyak pelajaran yang didapat saat merawat pasien Virus Ebola, dia ingin berbagi pengalaman dirinya saat merawat pasien kepada tim medis yang saat ini merawat pasien virus Corona yang mematikan. BACA JUGA: Dunia Cari Ali Mohamed Zaki Pembasmi Virus Corona di Arab Saudi


" Teresa memperingatkan jangan sampai tim medis yang tujuannya ingin membantu korban justru menjadi korban," tutur Teresa seperti dilansir dari Daily Star, Rabu (29/1/2020). BACA JUGA: Ahli Pastikan Butuh 1 Tahun Lebih Buat Vaksin Virus Corona

Dia mengatakan mereka telah membuat kesalahan sederhana ketika mereka saling membantu dalam berpakaian dan membuka pakaian, “kami belajar dari kesalahan”.

"Kami menderita, tetapi saya membutuhkan banyak bantuan psikologis, saya telah keluar dari lubang tempat saya terjebak."

Dia mengakui bahwa dia khawatir ketika dia pertama kali jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit, "Saya curiga ada gejala, saya sakit, muntah, diare, tetapi saya sadar ketika saya melihat ponsel saya untuk mencari informasi lebih lanjut," BACA JUGA: Bukti - Bukti Virus Corona Tidak Bisa Dimusnahkan

Wanita yang kini menginjak usia 50 tahun ini pun selamat setelah terinfeksi virus Ebola setelah dia merawat dua korban yang muncul di rumah sakit Carlos III dari Madrid di ibukota Spanyol selama wabah 2015.

Perawat, yang menghabiskan waktu satu bulan di karantina, sekarang mengatakan dia berharap pelajaran yang dia pelajari dan sistem kesehatan negara siap menghadapi ancaman baru seperti Corona.

Berbicara kepada saluran TV lokal Antena 3, dia berkata: "Saya harap sistem kesehatan dan profesional medis lainnya bekerja untuk mengurangi risiko penularan.

Romero mengatakan ketika dia bekerja sebagai asisten perawat di Madrid menghadapi virus Ebola, mereka bekerja dengan penyakit yang tidak diketahui dan mereka bertindak “tanpa protokol yang jelas”.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7630 seconds (0.1#10.140)