Temui ZTE Axon 20 5G, Ponsel Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Rabu, 02 September 2020 - 06:09 WIB
loading...
Temui ZTE Axon 20 5G, Ponsel Pertama dengan Kamera di Bawah Layar
ZTE memperkenalkan Axon 20 5G, smartphone pertama yang siap secara komersial dengan kamera selfie di bawah layar. Foto/Ist
A A A
BEIJING - Kamera selfie menjadi hambatan utama bagi pabrikan smartphone dalam memproduksi handphone dengan tampilan layar penuh . Setelah mencoba dengan takik yang disponsori Apple, tren mengarah pada puch-hole yang dibawa pertama kali oleh Samsung. Ada pula solusi pop-up dan kamera membalik. (Baca juga: Resmi Meluncur, Harga Samsung Galaxy Z Fold2 Hampir Rp30 Juta )

Kini teknologi berkembang pesat. Kemarin, ZTE memperkenalkan Axon 20 5G, smartphone pertama yang siap secara komersial dengan kamera selfie di bawah layar.
Temui ZTE Axon 20 5G, Ponsel Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Menjadi yang pertama di jenisnya membawa banyak hak bagi ZTE untuk menyombongkan diri. Tetapi teknologinya membutuhkan pendekatan yang sama sekali baru untuk proses perakitan layar.

Salah satu masalah besar dengan kamera di bawah layar sebelumnya sejauh ini ialah kurangnya cahaya yang mencapai sensor, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang buruk. Selain itu, ada perbedaan kecerahan dan warna yang mencolok di area tempat kamera diposisikan dibandingkan dengan bagian layar lainnya.

Laman GSM Arena menyebutkan, rintangan pertama diatasi dengan lapisan film khusus pada lapisan layar yang sangat transmisif dan transparan. Kamera selfie 32 MP pada Axon 20 juga dilengkapi sensor persepsi cahaya sendiri yang mengatur jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk setiap skenario.
Temui ZTE Axon 20 5G, Ponsel Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Selain itu, ZTE mengubah pengaturan piksel di sekitar lensa kamera sehingga cocok dengan tampilan lainnya tanpa distorsi warna yang terlihat. Terakhir, algoritme pemrosesan baru mengoptimalkan kejernihan gambar.

Layar OLED Axon 20 seluas 6,92 inci menampilkan resolusi FHD + dan kecepatan refresh 90Hz. Handphone juga dilengkapi keluaran warna 10bit dan rasio aspek 20,5:9, serta pembaca sidik jari tertanam di layar.

Di bagian belakang, publik seluler memiliki jajaran quad-camera yang diunggulkan oleh kamera utama 64 MP. Sensor tambahannya adalah ultrawide 8 MP dan dua unit 2 MP untuk data kedalaman dan pengambilan gambar makro.
Temui ZTE Axon 20 5G, Ponsel Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Ponsel ini didukung oleh chipset Snapdragon 765G kelas menengah bersama RAM 6 GB atau 8 GB dan memori 128 GB/256 GB. Ada baterai 4.220 mAh dengan pengisian cepat 30W, sementara bagian depan perangkat lunak dilindungi oleh Mifavor 10.5 ZTE di atas Android 10.

ZTE Axon 20 5G akan tersedia dalam warna hitam, putih, ungu dan oranye dengan penjualan resmi di China dijadwalkan pada 10 September 2020. Untuk versi dasar RAM 6 GB/ROM 128 GB berlaku harga Rp4,7 juta.

Ada juga model 8 GB/128 GB seharga Rp5,4 juta dan versi 8 GB/256 GB dibanderol Rp6 jutaan. Ketersediaan internasional tidak dirinci pada acara ini. (Baca juga: Patung dan Bimbingan Islam dalam Mengabadikan Orang Besar )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4507 seconds (0.1#10.140)