Gale Halderman Otak di Balik Mobil Legendaris Mustang Tutup Usia

Minggu, 03 Mei 2020 - 00:01 WIB
loading...
Gale Halderman Otak di Balik Mobil Legendaris Mustang Tutup Usia
Gale Halderman desainer mobil legendaris Mustang. Foto/IST
A A A
NEW YORK - Gale Halderman otak di balik model Ford Mustang meninggal dunia pada usia 87 tahun karena kanker hati di kota Tipp, Ohio, Amerika Serikat.

Dia menghabiskan 40 tahun bersama Ford mulai di studio Lincoln-Mercury sebelum pindah ke studio produksi Ford.

Sementara di sana, ada kompetisi untuk merancang mobil sport 2 + 2 baru. Halderman mampu menghasilkan beberapa sketsa di teras rumahnya, salah satunya diwujudkan sebagai model Mustang.

“Dia sangat dihormati di komunitas Mustang. Ketika Lee Iacocca meninggal tahun lalu, Gale adalah legenda Mustang terakhir yang masih bersama kami. Sekarang, era emas awal Mustang telah berakhir," kata juru bicara keluarga dan penulis 'Mustang oleh Desain: Gale Halderman dan Penciptaan Mobil Ikon Pony Ford.'

Halderman adalah katalis untuk desain gulir samping yang merupakan fitur khas Mustang asli. Scout awalnya harus berfungsi sebagai jalan udara untuk mendinginkan rem. Namun, komponennya melibatkan peningkatan biaya, sehingga harus didekorasi hanya.

Dalam sebuah wawancara dengan Consumer Guide, Halderman mengatakan proyek Mustang dimulai sebagai proposal mobil listrik berukuran kecil. Proyek ini melibatkan dua desainer yang bekerja bersama menggunakan model tanah liat.

Kemudian berkembang menjadi dua model tanah liat dan kemudian versi serat gelas. Pekerjaan itu menarik perhatian Iacocca, yang saat itu menjadi manajer umum divisi tersebut, di samping insinyur khusus dan penasihat produk Ford, Hal Sperlich.

Keduanya memperkenalkan proses desain untuk mobil sport yang kemudian menjadi Mustang.

Halderman kemudian diminta untuk membuat beberapa sketsa dengan salah satunya dipilih untuk menjadi model tanah liat ukuran nyata.

Halderman juga memainkan peran penting dalam memproduksi logo Mustang untuk model 1971 hingga 1973.

Setelah pensiun dari Ford pada tahun 1994, ia membuka Museum Gale Halderman di gudang keluarganya di Tipp City.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)