alexametrics

Ini Alasan Harga PlayStation 5 Lebih Mahal dari yang Gamer Harapkan

loading...
Ini Alasan Harga PlayStation 5 Lebih Mahal dari yang Gamer Harapkan
Masalah utama yang memacu melonjaknya harga PS5 berasal dari pasokan memori flash DRAM dan NAND. Foto/Ist
A+ A-
TOKYO - Situs berita Bloomberg melaporkan informasi terbaru tentang PlayStation 5. Disebutkan, Sony akan menunggu pengumuman harga Xbox Series X sebelum menetapkan harga konsol barunya itu.

Setelah presentasi Xbox Series X pada Desember 2019 di Game Awards dan peluncuran logo sederhana untuk PS5 di CES, industri game sedang menunggu Sony untuk segera memperlihatkan PlayStation generasi kelimanya. Terlebih ada rumor yang mengungkap raksasa teknologi asal Jepang itu akan menggelar peluncuran pada awal Februari ini. Alasannya, ini merupakan periode di mana Sony telah mempresentasikan PS4-nya pada 2013 silam.

Untuk saat ini Sony tidak mengumumkan apa pun mengenai konsol next-gen-nya tersebut. Melansir keterangan Bloomberg, GSM Arena menduga itu dikarenakan mereka kesulitan menentukan harga produksi PlayStation 5.



Harga Manufaktur PS5
Berdasarkan keterangan sumber di perusahaan, Bloomberg mengindikasikan biaya pembuatan PlayStation baru saat ini sekitar Rp6,2 juta per unit. Inilah yang membuat raksasa Jepang itu belum mengumumkan harga konsol PS5.

Sebagai pengingat, harga yang membuat kesuksesan PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro. Begitu juga dengan PS VR yang dijual Rp5,5 juta, sementara ongkos pembuatan PS4 pertama saat peluncuran diperkirakan hanya Rp5,2 juta.Ini memungkinkan Sony tidak kehilangan modal atas penjualan konsolnya, suatu kejadian yang jarang terjadi untuk peluncuran konsol. Jika kita mengambil contoh ini lagi, maka PS5 dapat dibanderol seharga Rp6,4 juta.
Masalah utama yang memacu melonjaknya harga berasal dari pasokan memori flash DRAM dan NAND. Mereka akan digunakan untuk RAM konsol dan penyimpanan SSD-nya. Lini produksi baru-baru ini mengalami kesulitan yang menyebabkan kenaikan harga secara umum.

Sumber juga menunjukkan bahwa Sony telah menyelesaikan daftar sebagian besar komponen konsol barunya. Ini termasuk sistem pendingin yang akan sangat mahal. Dua konsol berikutnya akan sangat kuat sehingga akan membutuhkan sistem pendingin yang sangat baik untuk memastikan menghilangkan panas yang dipancarkan. Nah pendinginan itu bakal menelan biaya beberapa USD per unit dibandingkan pendinginan pada konsol sebelumnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak