alexametrics

Austria Siap Luncurkan Truk Pemadam Kebakaran Bertenaga Listrik

loading...
Austria Siap Luncurkan Truk Pemadam Kebakaran Bertenaga Listrik
Austria menciptakan kendaraan pemadam kebakaran bertenaga listrik dengan konsep ramah lingkungan, bermanuver, dan aman. Foto/Infografis/Koran SINDO
A+ A-
WINA - Austria menciptakan kendaraan pemadam kebakaran bertenaga listrik dengan konsep ramah lingkungan, bermanuver, dan aman. Meski harganya lebih tinggi dibanding kendaraan pemadam kebakaran berbahan bakar minyak, beberapa negara sudah melirik teknologi ini, seperti Amerika Serikat yang telah melakukan pemesanan.

Elektrifikasi mengambilalih setiap segmen transportasi, bahkan sekarang mesin pemadam kebakaran pun menjadi listrik. Amerika Serikat menjadi tujuan pertama pengiriman mesin canggih ini.

Berbasis di Austria, Rosenbauer merupakan pabrikan mesin pemadam kebakaran yang telah membangun truk pemadam kebakaran yang sepenuhnya listrik. Pembangunan mesin ini seiring dengan perkembangan teknologi listrik yang digunakan pada setiap kendaraan untuk menjaga kualitas udara.



Kendaraan yang dijuluki dengan Concept Fire Truck(CFT) merupakan singkatan dari kendaraan dengan pengoptimalan secara ergonomis. Maksudnya adalah dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan dioperasikan secara intuitif.

Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles atau Los Angeles Fire Department (LAFD) akan menjadi departemen pemadam kebakaran pertama di Amerika Utara yang membeli mesin pemadam kebakaran listrik. Pesanan akan dibuat khusus agar sesuai dengan kebutuhan LAFD dan standar keselamatan yang ditetapkan oleh National Fire Protection Association (NFPA).

Truk pemadam bertenaga listrik akan memiliki dua baterai dengan kapasitas pengisian 100 kilowatt-jam. Baterai digunakan untuk jam pengoperasian yang konsisten.

Truk pemadam asal Austria memiliki beberapa spesifikasi diantaranya panjang 762 cm, lebar 280cm, dan tinggi 310 cm. Bentuk badan yang besar membuatnya mampu menampung air dalam jumlah banyak, sekitar 320 galon.

Terlihat gagah dan mewah, mesin pemadam ini dilengkapi dengan sistem kenyamanan dan perbaikan secara optimal. Terdapat tempat pengambilan dan penyimpanan barang secara aman, serta menambahkan pengodean warna untuk mengontrol dan mencegah terjadi kesalahan penggunaan.

LAFD berharap dapat menerima pengiriman mesin baru awal 2021. Kemungkinannya, LAFD akan menugaskan mesin ini ke stasiun pemadam kebakaran di Hollywood.

Kepala LAFD Ralph Terrazas mengungkapkan kegembiraannya atas pemesanan CFT yang telah dilakukan. Ia mengatakan bahwa LAFD adalah departemen pertama di Amerika Utara yang memesan mobil pemadam kebakaran canggih ini.

“Mesin pemadam kebakaran listrik adalah alat inovatif yang akan membantu mengurangi kebisingan dan emisi diesel berbahaya sambil menyediakan alat yang fleksibel untuk operasi pemadam kebakaran dan penyelamatan dari platform yang berteknologi maju,” kata Terrazas, dikutip dari dailymail.

Terrazas sangat menantikan hadirnya mesin ini untuk menyentuh jalanan Hollywood tahun depan. Ia ingin mempelajari, menggunakan, dan mengevaluasi setiap fitur yang ada untuk difungsikan dalam keadaan darurat kebakaran.

Meskipun truk pemadam kebakaran baru bertenaga listrik, pemadam kebakaran dapat mengaktifkan generator diesel onboard untuk operasi yang lebih lama. LAFD juga akan melengkapi stasiun pemadam yang memiliki mesin listrik dengan teknologi pengisian cepat untuk memastikan peralatan selalu siap menanggapi panggilan darurat kebakaran.

Dieter Siegel, CEO Rosenbauer, mengatakan bahwa truk pemadam kebakaran masa depan secara fundamental berbeda dari kendaraan yang sedang beroperasi di stasiun pemadam kebakaran saat ini. Mesin pemadam kebakaran ini memiliki multifungsi yang saling terhubung serta dilengkapi interior yang fleksibel sehingga dapat digunakan sebagai pusat komando berfitur lengkap.

CFT memiliki lantai yang dapat diturunkan untuk memfasilitasi pekerja pemadam kebakaran dan meminimalkan hambatan. Mesin listrik ini mampu mengurangi kebisingan dan polusi. “Saya sangat senang menerima pesanan dari Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, yang benar-benar merupakan mosi kepercayaan yang fantastis,” katanya.

Siegel mengungkapkan akan bersama-sama mengembangkan truk pemadam kebakaran yang siap produksi dan memenuhi standar keselamatan NFPA. Pemenuhan syarat ini akan membawa CFT pada operasi nyata disetiap peristiwa kebakaran.

Selain CFT, ada truk pemadam kebakaran bertenaga listrik dengan model berbeda dan jauh lebih kecil dari CFT. Truk itu merupakan hasil kolaborasi antara Panasonic dan Tropose Motors yang bernama ABLE.

ABLE merupakan miniatur pemadam kebakaran bertenaga baterai yang dapat mengangkut peralatan sama dengan truk pemadam kebakaran lainnya. Perbedaannya hanya berukuran penuh di sebagian kecil dari biaya yang telah dikeluarkan.

Bagian belakang ABLE dilengkapi dengan Kimtek Firelite Transport Deluxe, yang merupakan tangki air 125 galon dan pompa busa 5 galon. Truk ini memiliki tinggi 192 cm, lebar 137 cm, dan panjang 381 cm. Bentuknya yang kecil membuat ABLE cocok digunakan di daerah metropolitan padat penduduk dan jalan yang cenderung kecil. (Fandy)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak