alexametrics

Cegah Bullying, Jaga Keamanan Akun di Instagram

loading...
Cegah Bullying, Jaga Keamanan Akun di Instagram
Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Ternyata jejaring sosial seperti Instagram menganggap keamanan sangat penting. Termasuk cara untuk membuat lingkungan bermedia sosial yang positif. Selain kata sandi, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah lapisan keamanan akun Instagram.

Pertama, mengaktifkan autentikasi dua faktor. Agar Instagram dapat secara otomatis mengirimkan kode login khusus ke ponsel setiap kali ada yang mencoba mengakses Instagram dari perangkat yang tidak dikenal.

Kedua, memvalidasi setiap e-mail terkait akun Instagram. E-mail dari Instagram membantu pengguna memastikan, apakah e-mail yang mereka terima adalah e-mail resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram atau e-mail palsu yang mengatasnamakan Instagram.



Ketiga, menjaga privasi dan interaksi, misalnya membuat akun menjadi privat untuk mengatur siapa saja yang dapat mengikuti Anda di Instagram. Atau, mengontrol siapa saja yang boleh berkomentar di posting-an. Juga, mengontrol siapa saja yang dapat mengirimkan pesan (Direct). Pengguna yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti.

Keempat, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur teman dekat di Instagram Stories, dengan memilih “Teman Dekat” atau “Close Friends” di bagian Menu. Pengguna memiliki kemudahan untuk memilih dengan siapa saja ingin berbagi momen yang bersifat personal.

Terkait bullying dan komentar negatif, Instagram memiliki beberapa fitur yang dapat diaktifkan. Pertama, adalah fitur “pelaporan” untuk melaporkan posting-an maupun komentar yang ofensif, negatif, dan melanggar Standar Komunitas Instagram.

Kedua, filter komentar untuk mengendalikan komentar di posting-an, di mana Instagram secara otomatis menyembunyikan komentar negatif di postingan. Bahkan, pengguna bisa membuat daftar kata ofensif versi Anda sendiri.

Lalu, blokir akun dan komentar negatif juga bisa dilakukan di akun Instagram. Akun yang diblokir tidak akan dapat melihat profil Anda maupun membuat komentar di posting-an Anda. Pengguna juga bisa membatasi akun yang sering kali memberikan komentar negatif.

Terakhir, untuk melindungi keamanan pengguna lain, Instagram mendorong pengguna untuk saling menghormati dan menghargai. Termasuk menghindari membuat komentar dan posting-an yang dapat menyinggung perasaan. Jika ada posting-an yang mengandung ancaman bunuh diri, pengguna juga dapat melaporkan secara anonim. (Danang Arradian)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak