Model Palsu Ponsel Samsung dan Huawei Banjiri AliExpress

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:28 WIB
Model Palsu Ponsel Samsung dan Huawei Banjiri AliExpress
Model Palsu Ponsel Samsung dan Huawei Banjiri AliExpress
A A A
BEIJING - Sebuah laporan terbaru menemukan sebuah perusahaan bernama Kimtien di website retail populer AliExpress kedapatan menjual smartphone palsu merek Samsung dan Huawei.

Salah satu contoh smartphone palsu yang dijual adalah Kimtien Note Plus yang serupa dengan Samsung Galaxy Note10 Plus. Harga yang ditawarkan handphone ini sangat murah, hanya seperlima atau 20% dari produk aslinya. Perbedaan dalam harga ini disebabkan oleh spesifikasi internal yang digunakan jauh lebih rendah.

Misalnya, chipset MediaTek yang dipasang di smartphone Kimtien, tak seperti chipset Snapdragon 855 atau Exynos 9825 untuk Samsung Galaxy Note10 Plus. Bukan hanya merek Samsung yang dipalsukan, smartphone milik Huawei juga turut dipalsukan, demikian dilansir dari GizmoChina, Rabu (19/2/2020).

Salah satu hasil pencariannya memperlihatkan ada sejumlah tipe smartphone yang mirip sekali dengan Huawei. Namun memiliki nama yang berbeda.

Menariknya, model perangkat yang mirip dengan Huawei Mate 30 series juga bisa ditemukan di laman AliExpress. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai merek Kimtien ini. Yang jelas produk bersumber dari China dan kemungkinan asalnya dari salah satu negara Asia Tenggara.

Saat ini, tidak diketahui apakah raksasa e-commerce dan pengecer online, AliExpress, akan mengambil tindakan terkait rip off yang mencolok ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8589 seconds (0.1#10.140)