alexametrics

Henneguya Mahkluk Aneh Yang Tetap Hidup Tanpa Bernapas

loading...
Henneguya Mahkluk Aneh Yang Tetap Hidup Tanpa Bernapas
Henneguya salminicol adalah turunan dari ubur-ubur. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Makhluk laut seperti alien hanyalah binatang di Bumi yang tidak perlu bernafas. Makhluk kecil bernama Henneguya salminicol adalah turunan dari ubur-ubur tetapi seiring waktu telah kehilangan apa pun yang diperlukan untuk bertahan hidup - bahkan oksigen

Jika Anda ingat pelajaran biologi di sekolah, Anda akan tahu bahwa setiap hewan di bumi memberi makan, bereproduksi, dan bernafas - tetapi sekarang aturan dasarnya telah dilanggar.

Parasit kecil "alien" yang disebut Henneguya salminicol, yang menginfeksi otot-otot ikan dan makhluk bawah laut lainnya, diturunkan dari ubur-ubur tetapi seiring waktu telah kehilangan apa pun yang tidak perlu untuk bertahan hidup.



Dan salah satu hal yang dibuang oleh H. salminicola selama bertahun-tahun adalah genom mitokondria - komponen DNA yang (antara lain) mengatur pernapasan.

Dorothée Huchon, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Tel Aviv di Israel, mengatakan kepada Live Science: "Mereka kehilangan jaringan, sel-sel saraf, otot, semuanya."

"Dan sekarang, kita mendapati mereka kehilangan kemampuan bernapas." tuturnya seperti dilansir dari Daily, Kamis (26/2/2020).

Sementara makhluk mungil itu memang mengandung struktur yang mirip dengan mitokondria, ia tidak memiliki kemampuan untuk memetabolisme oksigen.

"Ini bukan mitokondria yang benar," kata Huchon.

Selama ribuan tahun yang tak terhitung jumlahnya, H. salminicola telah merampingkan dirinya sendiri dari ubur-ubur sederhana dalam keluarga myxozoa menjadi pencipta seperti alien aneh yang hampir tidak mematuhi semua aturan yang mengatur kehidupan di bumi.

Tanpa kemampuan bernapas, tidak jelas bagaimana H. salminicola bertahan. Mungkin itu menyedot energi langsung dari makhluk laut lainnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak