alexametrics

Tahan Laju Kenaikkan Harga, eBay Resmi Larang Penjualan Masker

loading...
Tahan Laju Kenaikkan Harga, eBay Resmi Larang Penjualan Masker
eBay resmi melarang penjualan masker dan yang terkait dengan virus Corona guna mengerem kenaikkan harga. Foto/Ist
A+ A-
WASHINGTON - Sejak berjangkitnya virus Corona di luar China, telah terjadi lonjakan harga pada komoditas tertentu. Menurut laporan baru-baru ini, eBay mengumumkan larangan total atas penjualan masker, pembersih tangan, dan tisu desinfektan.

Tindakan tegas diambil eBay guna meningkatkan upaya menekan kenaikan harga online. Kebijakan ini efektif segera berlaku di Amerika Serikat (AS).

Kebijakan tersebut diuraikan dalam pemberitahuan yang dikirim ke penjual Jumat lalu. Ini berlaku untuk produk baru dan yang sudah ada.



Laman Giz China mengutarakan, eBay sedang menghapus penjualan yang terkait dengan produk masker, pembersih tangan, dan tisu pembersih. Perwakilan eBay juga menghilang segala deskripsi dengan "coronavirus" (virus Corona), "COVID-19" (penyakit virus corona 2019), dan "2019nCoV" (virus Corona baru 2019), dan kata-kata yang berhubungan denagn epidemi umum.

"Kami akan terus memantau perkembangan dan segera menghapus item apa pun (kecuali buku) dalam judul atau deskripsi yang melibatkan virus Corona, penyakit virus Corona 2019, dan virus Corona baru 2019. Kenaikan harga melanggar undang-undang dan peraturan AS dan kebijakan eBay,“ cerus perwakilan eBay.

Sejak akhir Januari, harga produk kesehatan dan kebersihan yang terkait dengan COVID-19 telah meroket, terutama di situs-situs seperti Amazon dan eBay. Situs-situs ini memungkinkan penjual pihak ketiga untuk membuat daftar dan menjual produk mereka. Menurut laporan, eBay telah menghapus lebih dari 20.000 item karena toko-toko ini memberi makan pada panik publik.

Menurut eBay, konsumen yang ingin belajar lebih banyak dapat melihat kebijakan “bencana” dan “manipulasi pencarian” perusahaan. Kebijakan "bencana" melindungi orang dari perilaku penjual "mengambil untung dari tragedi atau penderitaan manusia".

Mengenai masalah kenaikan harga pada platform penjual pihak ketiga, langkah-langkah Amazon relatif tidak terlalu drastis. Perusahaan ini dengan cepat menghapus pembersih tangan dan produk masker yang memiliki label harga tinggi. Namun Amazon tidak memiliki larangan penjualan total atas produk-produk ini.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak