Kominfo Temukan 177 Jenis Hoax Terkait Virus Corona

Senin, 09 Maret 2020 - 22:07 WIB
Kominfo Temukan 177 Jenis Hoax Terkait Virus Corona
Kominfo Temukan 177 Jenis Hoax Terkait Virus Corona
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menemukan 177 jenis hoax yang tersebar terkait virus corona. Enam di antara penyebarnya saat ini sudah menghadapi meja hijau.

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, memaparkan, dari 177 jenis hoax terkait corona itu, mayoritas yang ditemukan adalah disinformasi. “Ada yang mengaitkan ke mistik, bahkan ada juga yang ke iluminati,” kata pria yang akrab disapa Semmi itu, di kantornya, Senin (9/3/2020).

Semmi menegaskan, Kominfo memang menjamin kebebasan berekspresi dan berpendapat di Indonesia, karena memang sesuai dengan undang-undang. Tetapi, Kominfo menghalau konten-konten serta informasi yang tersebar menimbulkan keresahan dan mengorbankan ketertiban umum.

“Enam (yang diproses hukum) itu, sudah sengaja mendesain hoax. Sudah niat dong menciptakan suasana tidak kondusif,” tegas Semmi.

Memang tidak semua jenis hoax yang ditemukan diproses secara hukum. Misalnya disinformasi, upaya yang dilakukan kementerian adalah memberikan informasi yang benar. Tujannya agar tumbuh literasi informasi dari diri masyarakat.

Saat ini, menurut Semmi, yang terpentingg adalah memberikan informasi yang jelas tentang virus corona.
“Yang penting berperilaku higenis dan sehat. Jangan panik. Kalau panik, bisa stress dan daya imun turun. Kepanikan itu yang mengkhawatirkan,” tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1037 seconds (0.1#10.140)