Samsung Bangun Kamera 150 MP, Ponsel Pertama Penggunanya Hadir Akhir Tahun

Selasa, 17 Maret 2020 - 19:00 WIB
Samsung Bangun Kamera 150 MP, Ponsel Pertama Penggunanya Hadir Akhir Tahun
Samsung Bangun Kamera 150 MP, Ponsel Pertama Penggunanya Hadir Akhir Tahun
A A A
SEOUL - Samsung sukses besar membangun kamera berkekuatan 108 MP. Sejumlah handphone unggulan kompetitor berkenan menggunakannya sehingga resolusi besar akhirnya menjadi kebutuhan industri.

Samsung memang dikenal tidak hanya memproduksi smartphone atau produk pintar lainnya, mereka juga memasok komponen untuk berbagai produk. Salah satu komponen yang dijualnya dan laris manis di pasaran adalah kamera untuk handphone.

Laman Giz China melaporkan, sebelumnya Samsung meluncurkan sensor 108 MP pertama ISOCELL Bright HMX di industri. Kemudian Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan sensor 108 MP HM1 baru.

Dan ini masih jauh dari akhir perang piksel. Baru-baru ini, ada informasi yang mengungkap bahwa Samsung sedang mengembangkan sensor kamera semiliar piksel generasi ketiga. Jumlah sensor baru ini akan mencapai 150 juta piksel dengan ukuran sensor yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga 1 inci.

Sensor 150 MP ini juga akan dilengkapi teknologi Samsung Nonacell yang ditingkatkan dari piksel empat-dalam-satu menjadi piksel sembilan-dalam-satu, sehingga sanggup menghasilkan foto 16 MP. Rumor menunjukkan Xiaomi akan meluncurkan handset dengan sensor 150 MP ini pada kuartal keempat atau akhir 2020. Selain itu, Oppo dan vivo juga akan meluncurkan produk terkait pada kuartal pertama 2021.

Tentu saja, 150 MP bukan intinya. Sebelum itu, Qualcomm mengatakan pada konferensi peluncuran Snapdragon 865, bahwa mereka juga sedang mengembangkan sensor 200 MP.

Saat ini, Samsung dan Xiaomi adalah satu-satunya produsen yang merancang smartphone dengan CMOS 100 MP. Tapi Huawei P40 juga sedang dalam perjalanan dan ada potensi akan menggunakan kemampuan kamera seperti ini.

Sebelumnya jajaran handphone Huawei P dan Mate telah menduduki puncak daftar DXoMark. Perusahaan raksasa teknologi China itu pastinya akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan kembali gelar ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1885 seconds (0.1#10.140)