10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak

Minggu, 22 Maret 2020 - 06:28 WIB
10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak
10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak
A A A
LUAS wilayah sebuah negara tidak berbanding lurus dengan banyaknya zona waktu di dalam negara itu. Seperti China dan India yang memiliki wilayah luas namun hanya memiliki satu pembagian zona waktu. Di luar itu, sebagian besar negara di dunia hanya memiliki satu standar perbedaan waktu. Meski demikian setidaknya ada 10 negara yang memiliki pembagian zona waktu terbanyak.
1. Prancis (12 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Prancis punya perbedaan zona waktu paling banyak di dunia. Bagaimana bisa? Sebagian orang berpikir wilayah Prancis tidak terlalu besar tetapi mengapa punya banyak perbedaan waktu. Rupanya hal ini karena Prancis masih punya wilayah di seberang lautan seperti Polinesia Prancis di Pasifik, New Kaledonia dan lain sebagainya. Tak main-main, negeri menara Eiffel ini memiliki 12 perbedaan waktu.
2. Amerika Serikat (11 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Amerika Serikat dan wilayahnya dibagi menjadi sembilan zona waktu standar menurut hukum. Namun, ada dua zona waktu tambahan, tetapi juga tidak resmi. Hal ini juga karena wilayah AS yang banyak di berbagai belahan dunia. Ada Hawaii di Pasifik, Alaska di barat Kanada, Samoa Amerika dan lain sebagainya.
3. Rusia (11 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Rusia memiliki 11 zona waktu mulai dari UTC + 02: 00 hingga UTC + 12: 00. Namun, DST (daylight savings time/memajukan waktu 1 jam dari seharusnya pada musim panas dan semi (bulan Maret sampai Oktober di belahan bumi utara dan sebaliknya di belahan bumi selatan) tidak digunakan di negara ini.

Zona waktu ini termasuk Kaliningrad, Moskow, Samara, Yekaterinburg, Omsk, Krasnoyarsk, Irkutsk, Yakutsk, Vladivostok, Magadan, dan Kamchatka. Perbatasan zona waktu ini didirikan pada tahun 1992 oleh pemerintah Federasi Rusia ketika membagi negara menjadi wilayah menyusul pembubaran Uni Soviet.
4. Antartika (10 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Walau bukan masuk kategori negara, wilayah ini memiliki zona waktu yang banyak yakni 10 zona waktu. Zona waktu di benua paling selatan di Bumi ini igunakan oleh negara yang mengklaim beberapa bagian benua ini seperti Chile dan Argentina selain itu juga digunakan oleh negara yang meneliti di sana.
5. Inggris (9 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Negara yang terletak di Eropa ini mempunyai sembilan zona waktu. Hal ini bisa terjadi karena banyak wilayah Inggris yang letaknya berjauhan bahkan di luar Eropa.
6. Australia (8 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Negeri Kanguru ini berada di peringkat keenam dengan total delapan zona waktu. Perbedaannya juga cukup unik, sekitar per setengah jam. Dari 8 zona waktu, lima di antaranya ada di daratan benua itu.7. Kanada (6 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Kanada memiliki 6 wilayah waktu. Pembagian waktu dari timur barat ke timur adalah Pacific Time (dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -8), Mountain Time (dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -7), Central Time (dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -6), Eastern Time (dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -5), Atlantic Time (dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -4), Newfoundland Time(dengan standar perbedaan waktu adalah GMT -3:30).
8. Denmark (5 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Negara kecil di utara Jerman ini rupanya juga banyak zona waktu. Alasannya karena wilayahnya di Greenland. Ada 5 zona waktu yakni GMT +0, GMT +1, GMT-1, GMT-3 dan GMT-4.
9. Selandia Baru (5 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Negara kepulauan paling selatan di dunia ini punya 5 zona waktu. Banyaknya negara ini punya zona waktu karena memiliki wilayah seberang lautan di kawasan Samudra Pasifik. Diantaranya Cook Island, Tokelau dan Niue. Zona Waktu Selandia Baru sendiri yakni GMT-10, GMT-11, GMT+12, GMT+13 dan GMT+13.45.10. Brasil (4 zona waktu)

10 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak


Negara bekas koloni dan jajahan Portugal ini memiliki zona waktu sebanyak 4. Keempat zona waktunya berurutan dari GMT-2, GMT-3, GMT-4 dan GMT-5.
Sumber: www.worldatlas.com
Zona waktu dan waktu universal terkoordinasi (UTC)
1. Zona waktu adalah konsep penting dalam mengukur waktu di berbagai wilayah di dunia.
2. Zona waktu mengikuti batas wilayah dan negara karena lebih mudah bagi daerah yang dekat satu sama lain untuk menjaga waktu yang sama.
3. Waktu lokal dalam zona waktu ditentukan oleh perbedaan atau offset dari waktu standar dunia yang disebut Waktu Universal Terkoordinasi (UTC) yang dinyatakan sebagai UTC- atau UTC +.
4. Sebagian besar zona waktu diimbangi dari UTC dengan seluruh jam tertentu sementara yang lain dikompensasi oleh 30 atau 45 menit (UTC-2, UTC + 03: 45 atau UTC-5: 30).
5. Dunia dibagi dalam 360 derajat bujur. Bujur atau garis bujur adalah sebuah garis imajiner yang membentang secara vertikal di bumi, sementara yang membentang secara horizontal disebut garis lintang.
6. Berdasarkan 360 derajat bujur ini, dunia dibagi ke dalam 24 zona waktu yang masing-masing sepanjang 15 derajat.
7. Perbedaan bujur sebesar 15 derajat berarti perbedaan waktu selama 1 jam.
8. Bujur dibagi 2 : Bujur Barat dan Bujur Timur. Bujur Barat terletak di sebelah barat dari Greenwich, London, Inggris sementara Bujur Timur terletak di sebelah timur dari kota tersebut.
9. Semakin ke barat, zona waktunya semakin lambat begitu pula sebaliknya.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7066 seconds (0.1#10.140)