Syukurlah, Vaksin Virus Corona Rusia Hasilkan Respons Imun di Uji Coba Awal

Senin, 07 September 2020 - 04:45 WIB
loading...
Syukurlah, Vaksin Virus Corona Rusia Hasilkan Respons Imun di Uji Coba Awal
Vaksin virus Corona yang dikembangkan di Rusia dilaporkan menghasilkan respons imun pada uji coba awal. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Kandidat vaksin virus Corona yang dikembangkan di Rusia memicu respons kekebalan. Data terbaru menyebutkan, vaksin tidak menyebabkan reaksi merugikan yang serius dalam uji coba awal. (Baca juga: Regulator China Ungkap Kapasitas Baterai Samsung Galaxy S21 dan S21 Plus )

Data ini dirilis beberapa pekan setelah Rusia mengumumkan mereka telah menyetujui vaksinnya untuk populasi umum -tapi sebenarnya hanya menyetujuinya untuk sekelompok kecil orang, lapor Live Science. Hal ini menuai kritik dari para ahli kesehatan masyarakat yang mengatakan tidak ada cukup data untuk membuktikan vaksin itu aman dan efektif.

Hasil awal dari uji klinis "Sputnik V" fase 1/fase 2 diterbitkan di jurnal The Lancet. Antara 18 Juni dan 3 Agustus, para peneliti mendaftarkan 76 peserta sehat berusia antara 18 dan 60 tahun untuk diberi kandidat vaksin, yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology, di salah satu dari dua rumah sakit Rusia.

Para peneliti menguji dua bentuk vaksin yang berbeda, terbuat dari adenovirus yang dilemahkan yang dipersenjatai dengan gen yang mengkode protein lonjakan virus Corona -yang digunakan virus untuk menyerang sel manusia. Jenis vaksin ini disebut vaksin berbasis vektor karena menggunakan virus yang dilemahkan (vektor) untuk mengirimkan informasi genetik dari patogen ke tubuh untuk memacu respons kekebalan.

Beberapa kandidat vaksin lainnya, seperti yang dikembangkan oleh Johnson & Johnson, Universitas Oxford / AstraZeneca, dan CanSino Biologics juga dibuat dari adenovirus yang dilemahkan.

Percobaan tidak memasukkan kelompok kontrol, atau kelompok pembanding orang-orang yang menerima suntikan plasebo alih-alih vaksin aktif, batasan yang dicatat penulis dalam penelitian tersebut. Kelompok kontrol biasanya merupakan komponen kunci dari uji klinis untuk membantu memastikan bahwa efek yang terlihat semata-mata disebabkan oleh vaksin itu sendiri, dan bukan karena faktor luar.

Total ada 18 relawan yang menerima satu formulasi, 18 relawan lainnya menerima dan 40 orang menerima keduanya. "Kedua formulasi vaksin itu aman dan ditoleransi dengan baik," tulis para peneliti di media setempat.

Efek samping yang paling umum adalah ringan. Di antaranya, nyeri di tempat suntikan, peningkatan suhu tubuh, sakit kepala, astenia (kelemahan fisik atau kekurangan energi), dan nyeri otot dan sendi. Efek ringan ini serupa dengan yang ditimbulkan oleh vaksin adenovirus lainnya dan tidak ada efek samping yang serius, klaim para peneliti.

Para partisipan sendiri dipantau selama 28 hari dan setelah 42 hari untuk partisipan fase 2. Lalu akan ditindaklanjuti hingga 180 hari, menurut penelitian tersebut.

Vaksin menghasilkan respons kekebalan pada semua peserta, mendorong sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi penawar (molekul yang dapat menempel pada virus dan memblokirnya dari menginfeksi sel) dan sel kekebalan lainnya, seperti sel T, melawan virus Corona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)