alexametrics

Akses Bebas ilmupedia Diperluas untuk 130 Perguruan Tinggi di Indonesia

loading...
Akses Bebas ilmupedia Diperluas untuk 130 Perguruan Tinggi di Indonesia
Kemudahan Paket Bebas Akses Ilmupedia 30 GB tanpa biaya sudah dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning lebih dari 100 perguruan tinggi. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Telkomsel terus proaktif bergotong royong bersama semua elemen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat COVID-19. Kali ini Telkomsel memperluas inisiatif kolektif di bidang pendidikan bersama perguruan tinggi, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah.

Kemudahan itu dilakukan dengan menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30 GB bagi mahasiswa dari 130 perguruan tinggi se-Indonesia. Paket memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud selama 30 hari tanpa biaya. Ini merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Presiden Joko Widodo beserta para pemimpin pemda (pemerintah daerah) telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19. "Memahami imbauan tersebut, Telkomsel akan senantiasa berdampingan dan berkolaborasi bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan untuk bergotong royong menjaga dan memastikan agar aktivitas belajar para pelajar di berbagai tingkatan pendidikan tetap dapat dilakukan dengan efektif. Walaupun harus dilakukan secara daring (online),” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro di Jakarta, Selasa (24/3/2020).



Setyanto menjelaskan, setelah sebelumnya bergotong royong bersama sejumlah platform penyedia layanan e-learning, perusahaan sangat senang kini dapat memperluas kolaborasi tersebut dengan perguruan tinggi dan Kemendikbud. Gotong royong itu demi mengakomodasi kebutuhan belajar online para mahasiswa.

Nantinya paket ini segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning 130 perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Cendrawasih di Jayapura.

"Kami harap upaya solidaritas bersama ini dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun orang tua yang sedikit banyak menghadapi tantangan karena darurat COVID-19 ini,” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, kemudahan Paket Bebas Akses Ilmupedia 30 GB tanpa biaya sudah dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning lebih dari 100 perguruan tinggi. Di mana jumlah ini akan terus berkembang hingga 130 situs e-learning perguruan tinggi di Indonesia.

"Selain itu, paket ini juga akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning dari Kemendikbud yaitu Spada Indonesia. Ini berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi Penyelenggara di Indonesia," tutur Setyanto.

Mahasiswa dapat memanfaatkan paket ini selama 30 hari sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel. Paket ini sendiri melengkapi program Paket Bebas Akses 30 GB Ilmupedia yang sebelumnya telah disediakan untuk mengakses sejumlah platform belajar online sebagai respons menghadapi tantangan pandemi COVID-19. Antara lain, mengakses aplikasi Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Sejak diberlakukannya imbauan dari pemerintah bagi para pelajar untuk melakukan proses belajar dari rumah secara daring, Telkomsel hingga kini mencatat peningkatan trafik layanan data dalam pemanfaatan sistem/aplikasi belajar daring (e-learning) yang mencapai 236%. Untuk itu, BUMN ini telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak