Riset Menyebutkan, Pemain Xbox Lebih Agresif Dibandingkan Pemain PS

Senin, 07 September 2020 - 17:59 WIB
loading...
Riset Menyebutkan, Pemain Xbox Lebih Agresif Dibandingkan Pemain PS
Riset tersebut dilakukan dengan metode Buss Perry Aggression Questionnaire, dan melibatkan sebanyak 964 gamer sebagai objek penilitian. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - Tipikal gamers saat bermain game memang berbeda-beda. Biasanya, dapat terlihat saat bermain di satu game yang sama.
BACA JUGA - Jam Tangan Misterius Kurt Cobain yang Tak Banyak Orang Tahu

Tetapi penelitian terbaru mengungkapkan lebih. Perbedaan tipikal pemain game pun berbeda di beda konsol yang dimainkan.

Hal ini terungkap pada sebuah riset yang menyebutkan bahwa pemain di konsol Xbox disebut lebih agresif dibandingkan pemain di konsol PlayStation (PS).
. BACA JUGA - Cara Cek BLT Gaji di Bawah Rp5 Juta Lewat WhatsApp dan SMS

Riset tersebut dilakukan dengan metode Buss Perry Aggression Questionnaire, dan melibatkan sebanyak 964 gamer sebagai objek penilitian.

Keagresifan pemain diukur melalui 29 pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Pertanyaan dijawab dengan menggunakan skala Likert, yakni memilih angka dari 1 sampai 5.

Melansir dari Gamerant, Senin (7/9/2020), hasil penelitian juga menemukan bahwa gamer pria 20% lebih agresif daripada wanita.

Namun, peneliti juga melihat, gamers yang bermain selama 20-30 jam dalam seminggu ternyata tidak lebih agresif, dibandingkan gamers yang bermain 11-20 jam dalam minggu.

Di sisi lain, dari sisi judul game, pemain Call of Duty, Battlefield, dan FIFA, yang menyebabkan pemain lebih agresif.

Kemudian, pemain game simulasi Animal Crossing: New Horizon, juga diketahui lebih agresif secara fisik dibandingkan pemain game Grand Theft Auto (GTA) V. Padahal, permainan Animal Crossing tidak banyak mengandung unsur kekerasan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)