Alat Canggih Google Ini Bantu Jurnalis cari Fakta di Balik Berita Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 - 10:22 WIB
Alat Canggih  Google Ini Bantu Jurnalis cari Fakta di Balik Berita Corona
Alat Canggih Google Ini Bantu Jurnalis cari Fakta di Balik Berita Corona
A A A
JAKARTA - Pada masa krisis, kumpulan data dan penjelasannya kepada masyarakat menjadi sangat penting. Berikut ini adalah beberapa alat yang dapat digunakan oleh jurnalis maupun pengelola data untuk menyampaikan informasi yang berbasis data dan visual:


1. Untuk memahami data dan memvisualisasikannya


Pelajari cara membangun set data sendiri, membersihkannya, dan memvisualisasikannya. Anda juga dapat membandingkan data menggunakan gif dengan data gif maker (pelajari alat ini l


2. Untuk mengilustrasikan berita


Pelajari cara menggunakan seperangkat alat pemetaan untuk mengilustrasikan berita, dari MyMaps, Google Earth, hingga fitur-fitur seperti Timelapse


3. Untuk memeriksa cek fakta yang ada, dan menambahkan markup cek fakta pada artikel Anda


Menggunakan Fact Check Explorer dan API. Jika tim Anda sedang berusaha membantah misinformasi yang beredar, Anda juga dapat menambahkan markup Cek Fakta (sebelumnya kami sebut Verifikasi Berita), yang akan menandai artikel Anda dengan label "Cek Fakta” di properti Google.


4. Untuk menemukan fakta utama dan pendapat ahli dengan cepat


Google Cendekia adalah alat penelusuran yang memungkinkan Anda mencari dan menjelajahi banyak sekali literatur ilmiah. Materi yang mudah diakses ini meliputi artikel, tesis, buku, dan abstrak dari penerbit akademis, komunitas profesional, repositori online, universitas, dan situs web. Anda mungkin juga dapat menggunakannya untuk menghubungi akademisi dan mencari tahu lebih jauh tentang apa yang mereka ketahui, saat penelitian Anda.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7373 seconds (0.1#10.140)